Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Apa Itu Service Marketing Mix dan Manfaatnya Dalam Pemasaran?
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

Apa Itu Service Marketing Mix dan Manfaatnya Dalam Pemasaran?

October 2, 2022  •    •  Arvhi Mega Utami

Berbicara soal pemasaran seperti tidak pernah ada habisnya. Sama seperti teknologi, strategi pemasaran bersifat dinamis atau selalu berkembang seiring dengan berubahnya tren pasar dan konsumen. Jika sebelumnya konsep service marketing dan service marketing triangle sudah dibahas dan cukup menarik perhatian, terdapat satukonsep pemasaran serupa yang tidak kalah jitu serta banyak digunakan oleh perusahaan yaitu service marketing mix atau bauran pemasaran jasa.

Dari namanya, dapat diprediksi bahwa sistem pemasaran ini masih mengacu pada kepuasan pelanggan sebagai pijakannya. Hanya saja, dalam prakteknya service marketing mix menggunakan kombinasi berbagai bentuk variabel pemasaran agar target marketing dapat tercapai. Kira-kira variabel apa saja yang dimaksud dan manfaat seperti apa yang dapat diperoleh dengan mengaplikasikan cara ini? Yuk, simak informasi selengkapnya.

Apa Itu Service Marketing Mix?

Service marketing mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai sebuah tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan. Konsep pemasaran ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden, seorang profesor marketing dari Harvard pada tahun 1948. Walaupun merupakan strategi pemasaran yang cukup lama ditemukan– namun efektifitas yang diberikan rupanya tidak lekang oleh waktu sehingga sampai sekarang metode ini masih digunakan oleh banyak perusahaan.

Dulunya, service marketing mix menggunakan teknik 4P (Product, Place, Price, Promotion) dalam menjalankan pemasaran barang ataupun jasa. Pada saat itu, teknik 4P ini dianggap cukup sukses dan membawa keuntungan yang besar bagi perusahaan. Namun, karena perubahan tren pasar dan kondisi konsumen yang juga ikut berkembag, maka konsep tersebut ikut bermetamorfosis menjadi 7P dengan dengan 7 variabel yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.

Apa Manfaat Service Marketing Mix?

manfaat Service Marketing Mix

Setelah mengetahui secara singkat gambaran dan pengertian mengenai apa itu strategi marketing mix, kini saatnya untuk melihat keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dengan menerapkan konsep bauran pemasaran tersebut.

1. Menganalisis Keuangan Perusahaan

Manfaat pertama dari service marketing mix adalah dapat membantu menganalisis keuangan perusahaan. Dengan mengetahui arus keuangan perusahaan dengan baik dan terperinci, perusahaan jadi tahu kondisi finansial yang riil dan juga cara mengelolanya supaya proses pemarasan berjalan dengan baik dan membawa keuntungan maksimal.

2. Mengalokasikan Sumber Daya yang Bijaksana

Salah satu aspek dari service marketing mix adalah people atau sumber daya manusia yang jika kinerjanya baik, maka proses produksi, pemasaran hingga distribusi produk akan berjalan dengan baik pula. Namun, mengingat jumlah sumber daya manusia terbaik dalam perusahaan sifatnya terbatas. Maka alokasi tenaga kerja ini perlu dilakukan dengan efisien dan bijaksana agar memberikan pengaruh pada tercapainya tujuan pemasaran.

3. Memfasilitasi Proses Komunikasi

Seperti halnya penggunaan sumber daya manusia terbaik di bidangnya, perusahaan harus memenuhi kebutuhan semua karyawannya termasuk fasilitas proses komunikasi. Komunikasi yang baik dan efektif kepada semua karyawan tidak hanya dilakukan di divisi pemasaran, namun juga yang lain. Ingat bahwa perusahaan adalah kesatuan bagian yang saling terkait sehingga komunikasi yang dilakukan harus jelas agar setiap bagian dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik.

4. Menyederhanakan Kegiatan Pemasaran dengan Efektif

Konsep service marketing mix memiliki manfaat untuk menyederhanakan kegiatan memasarkan produk supaya lebih efektif. Seperti yang diketahui, pemasaran memiliki banyak aspek yang jika dipelajari secara teori akan sangat panjang dengan pengaplikasian yang juga tidak mudah. Service marketing mix menyederhanakan itu semua dengan membentuk pemasaran menjadi satu kegiatan saja sehingga lebih mudah dilakukan.

5. Mengalokasikan Tanggung Jawab

Semua jenis bisnis memerlukan tim yang solid walaupun berasal dari divisi yang berbeda-beda. Soliditas tim ini dipengaruhi oleh tanggung jawab masing-masing individu di dalamnya untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga capaian tim secara keseluruhan mengalami progres ke arah yang positif.

Ternyata, manfaat service marketing mix ini penting juga ya, dalam pemasaran. Dengan pemahaman yang baik dan pengaplikasian konsep yang benar, konsep tersebut dapat membawa kemajuan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Jangan lupa juga bahwa kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan memilii andil besar dalam keberhasilan kegiatan produksi dan juga pemasaran. Jadi, pastikan sejak awal rekrutmen karyawan anggota tim dilakukan dengan benar, efektif dan efisien.

Ternyata manfaat service marketing cukup penting ya dalam pemasaran! Supaya lebih paham, kamu bisa membaca artikel menarik tentang perbedaan service marketing mix 4p dan 7p!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down