Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Pentingnya Technical SEO sebagai Penentu Ranking Situs

Pentingnya Technical SEO sebagai Penentu Ranking Situs

December 27, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Pernah dengar tentang technical SEO atau SEO teknis? Technical SEO merupakan salah satu strategi penting yang ada di dunia digital marketing. Sayangnya, hal ini kerap dianggap sepele oleh para digital marketer padahal sangat efektif untuk menjadikan website untuk berada diperingkat teratas.

Banyak orang berpikir bahwa keyword merupakan kunci penting dalam keberhasilan strategi SEO. Padahal tidak hanya keyword, ada komponen lain yang mendukung dan salah satunya adalah teknis SEO ini.

Itulah mengapa sangat penting bagi digital marketer untuk memahami lebih jauh lagi tentang hal tersebut. Tujuannya agar strategi SEO yang dijalankan bisa mencapai titik optimal sesuai ekspektasi. Mari simak penjelasan lengkap tentang technical SEO di sini.

Apa Itu Technical SEO?

Pengertian technical SEO adalah sebuah langkah untuk mengoptimalkan berbagai jenis aspek teknis di sebuah situs. Fungsi utamanya agar peringkat website bisa meningkat lewat search engine atau mesin pencari seperti Google.

Fungsi ini sebenarnya bisa dijalankan oleh keyword. Namun, dalam ini tidak hanya penggunaan keyword yang terlibat tetapi ada banyak aspek teknis lain yang akan membantu mendongkrak peringkat laman website tersebut.

Jika dimanfaatkan dengan baik maka proses technical SEO pada website bisa membantu sebuah situs bekerja lebih cepat. Tidak hanya itu, crawl pada website juga bisa jadi lebih mudah dan cepat dipahami oleh search engine.

Tentu saja digital marketer wajib memahami teori strategi yang satu ini. Tidak hanya bergantung pada pemakaian keyword, namun juga keterlibatan berbagai faktor tenis sangat penting diperhatikan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Optimasi technical SEO

Setelah memahami apa itu technical SEO, maka penting sekali untuk mengetahui hal yang perlu diperhatikan di dalamnya. Optimasi technical SEO melibatkan banyak faktor penting, di antaranya adalah:

1. Kecepatan Website

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah meningkatkan kecepatan website. Perlu diketahui bahwa setiap jenis laman situs atau web pasti punya kecepatan atau waktu loading yang berbeda. Ada yang loadingnya cepat dan ada pula yang terbuka dalam waktu lama.

Seorang digital marketer harus tahu dulu berapa waktu loading sebuah situs yang dirasa paling ideal. Rata-rata website membutuhkan waktu loading selama 2 detik, agar bisa diakses oleh banyak pengguna.

Website yang waktu loading-nya lebih dari 2 detik biasanya lebih mudah ditinggalkan oleh pengguna. Hal ini, ternyata juga berlaku bagi search engine, jika waktu loading-nya lama maka search engine tidak akan memilihnya.

Jadi lebih baik lakukan pengecekan pada waktu loading website Anda. Jika hasilnya tidak bagus maka lakukan upaya sehingga waktu loading laman website dapat dipercepat.

2. Pastikan Tidak Ada Konten yang Sama

Faktor teknis SEO lainnya yang harus diperhatikan adalah jenis konten. Digital marketer perlu memastikan bahwa tidak ada jenis konten yang sama di dalam sebuah situs. Jadi, tidak ada konten yang terduplikasi di dalam situs web yang sama.

Salah satu faktor kegagalan optimasi SEO adalah website yang memiliki jenis konten yang sama. Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari tidak melihat website tersebut sebagai sesuatu yang berbeda dan unik. Konten yang beragam, informatif, dan menarik adalah salah satu faktor yang sangat penting untuk SEO sukses. Website harus selalu diperbarui dengan konten baru secara berkala untuk meningkatkan ranking dalam SERP.

Lalu bagaimana caranya memastikan apakah ada konten yang sama atau tidak? Mudah saja, pengguna bisa memakai tools seperti Google Search Console misalnya untuk mendeteksi adanya konten yang terduplikasi.

Jika sudah mengetahui bahwa tidak ada konten yang sama maka berikutnya harus lebih kreatif lagi dalam membuat konten. Cari ide referensi dari berbagai sumber dan terus asah kreativitas agar terlahir konten-konten kreatif dan unik.

3. Tidak Memiliki Banyak Dead Link

Technical SEO ini memang memiliki banyak faktor yang terlibat. Salah satunya adalah dead link atau hyperlink yang sudah mati. Jadi, link ini tidak mengarahkan pengguna kemana-mana karena laman web yang dituju sudah dihapus atau mungkin dipindahkan.

Sebenarnya dead link ini merupakan hal yang lazim dijumpai di berbagai jenis website. Namun search engine seperti Google akan memberikan nilai yang rendah pada website dengan banyak dead link, dan mungkin juga akan mengklasifikasinya sebagai spam. Hal ini akan membuat website sulit untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian online.

Oleh karena itu penting untuk melihat dead link yang ada di website Anda dan menghapusnya agar tidak mempengaruhi SEO dan performanya di mesin pencarian. Jadi, pastikan bahwa jumlah dead link yang ada di halaman website cukup wajar. Jika terlalu banyak maka search engine akan menganggap teknis dari SEO di laman web tersebut sangat buruk.

4. Keamanan Situs Terjamin

Hal penting berikutnya yang harus diperhatikan adalah keamanan situs. Supaya mendapatkan nilai bagus dari search engine, maka pastikan bahwa situs tersebut memiliki sistem keamanan yang cukup ketat.

Jika sistem keamanan di sebuah situs web ketat maka pengguna bisa merasa lebih aman karena privasinya terjaga. Hal ini juga akan disukai oleh search engine, sehingga membawa laman web tersebut ke peringkat teratas.

5. Pastikan Situs Ter-crawl dan Terindeks

Crawling dan indexing menjadi dua jenis komponen penting yang termasuk dalam technical SEO. Pastikan dulu bahwa situs sudah ter-crawl dan terindeks dengan baik, sehingga bisa masuk kolom pencarian teratas dari search engine.

Jika nantinya search engine tidak bisa melakukan dua hal ini di sebuah halaman web, maka pengelola harus bersiap. Laman web tersebut, tidak akan bisa muncul di hasil pencarian search engine.

Kenapa Anda Perlu Technical SEO?

Ada banyak sekali bagian teknis SEO yang memang harus dipersiapkan dengan matang. Jika semua bagian tersebut bisa dipahami dan diperhatikan dengan baik, maka strategi ini akan berjalan lancar dan memudahkan website berada diperingkat atas.

Lalu apa yang membuat Anda membutuhkan technical SEO ini? Pertama-tama, strategi SEO ini akan membantu meningkatkan brand awareness serta memperkuat kredibilitas sebuah bisnis. Penerapan strategi teknis dalam sebuah SEO ini nantinya bisa membawa laman web berada di bagian teratas hasil pencarian search engine. Secara otomatis orang-orang akan melihat laman web tersebut semakin kredibel dan benar-benar bisa diandalkan.

Trafik organik juga bisa lebih mudah dikonversi berkat adanya strategi tersebut. Logikanya mudah, saat website ada di kolom pencarian teratas maka ada banyak audiens yang mungkin datang. Semakin besar pula kemungkinan peningkatan konversi pada bisnis yang Anda jalankan.

Perlu diketahui bahwa strategi pengelolaan bagian teknis SEO adalah langkah tepat untuk meningkatkan trafik. Menariknya lagi peningkatan trafik tersebut berjalan untuk jangka waktu yang panjang.

Strategi SEO yang satu ini memang berjalan secara organik. Tidak heran jika hasilnya bisa jauh lebih bagus dan optimal dibandingkan peningkatan trafik karena bayaran. Hanya saja memang dibutuhkan waktu yang cukup lama sampai hasilnya bisa Anda nikmati.

Sampai di sini jelas bahwa technical SEO memang menjadi sebuah poin penting dalam pengelolaan dan pengembangan situs web. Jadi, mulai sekarang pelajari strategi tersebut dan posisikan situs web Anda di bagian teratas hasil pencarian search engine.

Jika Anda mengalami kesulitan meningkatkan peringkat dan traffic halaman web bisnis Anda, jangan khawatir! Gunakan jasa SEO dari Pipeline Growth Marketing Agency untuk membantu menerapkan strategi SEO yang tepat pada situs Anda. Dapatkan bantuan dari para ahli kami untuk meningkatkan visibilitas online bisnis Anda hari ini!

Konsultasi gratis dengan kami sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down