Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Peran Growth Marketing Sebagai Solusi untuk Bisnis Startup
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

Peran Growth Marketing Sebagai Solusi untuk Bisnis Startup

August 24, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Growth marketing, atau yang juga dikenal sebagai growth hacking, sering dianggap sebagai otak perusahaan dalam memasarkan produk dan mengembangkan perusahaan secara keseluruhan. Karena itu, growth marketing untuk startup biasanya sangat disarankan agar startup dapat memiliki dampak yang lebih besar dan mencapai lebih banyak pelanggan. Tapi kenapa harus pilih growth marketing? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Growth Marketing Penting untuk Bisnis Startup Anda?

Growth marketing fokus pada strategi marketing yang biayanya relatif rendah untuk membantu perusahaan mendapatkan dan mempertahankan konsumen. Growth marketing merupakan pendekatan untuk menarik, berhubungan dan mempertahankan konsumen lewat berbagai uji coba. Dengan konsep yang terukur dan fokus pada kepuasan pelanggan, growth marketing mampu membantu bisnis berkembang di berbagai channel.

Inilah alasan kenapa growth marketing startup sangat diperlukan. Strategi pemasaran ini fokus untuk membangun hubungan dengan konsumen dan menjaga agar konsumen tetap setia. Dengan kata lain, ini adalah strategi jangka panjang di mana hubungan antara perusahaan dengan konsumen pada akhirnya akan membuat bisnis berkembang secara organik.

Penggunaan istilah growth marketing sendiri pertama kali digunakan oleh pengusaha Sean Ellis pada tahun 2010. Saat itu ia sedang mencari karyawan baru untuk tim marketing. Sean Ellis tidak mencari marketer tradisional, tapi seorang marketer yang bisa fokus ke peningkatan konsumen secepat mungkin.

Dengan perkembangan teknologi dan media sosial, pengalaman konsumen berbelanja saat ini bisa jadi sangat rumit. Mereka dapat menemukan brand baru di internet dan melakukan riset sendiri tentang berbagai brand sekaligus. Konsumen lalu akan membandingkan harga sebelum memutuskan mau beli yang mana. Di sinilah growth marketing diperlukan. Bukan hanya untuk mendapat pelanggan baru, tapi juga membuat pelanggan tetap jadi konsumen setia.

5 Elemen Growth Marketing

5 Elemen Growth Marketing

Ada 5 elemen penting dalam growth marketing, berikut ini penjelasan lengkapnya:

1. Menghasilkan, Mempertahankan, dan Memonetisasi Konsumen

Mendapatkan pelanggan baru sekaligus mempertahankan konsumen yang sudah ada, serta memonetisasi konsumen adalah tujuan utama growth marketing. Tujuan keduanya adalah meningkatkan penghasilan.

Alih-alih menghasilkan keuntungan besar dari tiap transaksi, growth marketing lebih fokus ke memperluas jaringan konsumen. Kalau produk yang dihasilkan perusahaan kualitasnya baik, maka sudah pasti konsumen akan kembali dan perusahaan pun mampu menghasilkan revenue lebih banyak.

2. Konsumen adalah Raja/Ratu

Customer service dan kepuasan konsumen harus dijadikan yang utama. Jadi ide bahwa konsumen hanya dilihat sebagai penghasil uang bagi perusahaan sudah saatnya ditinggalkan. Salah satu fokus growth marketing adalah memberikan benefit optimal pada konsumen, bukannya hanya mengharapkan uang konsumen belaka.

3. Pemantauan dan Pengoptimalan Strategi & Kinerja Pemasaran

Strategi pemasaran tradisional umumnya akan melakukan melacak performa satu kali atau beberapa kali saja dalam 1 tahun. Ini berbeda dengan growth marketing untuk startup yang harus selalu memantau dan mengoptimalkan strategi serta kinerja pemasaran. Dengan begitu, bisnis akan selalu relevan dan strategi pemasaran yang digunakan tetap efektif dari waktu ke waktu.

4. Pemasaran Kinerja Taktis yang Strategis

Di masa lalu, strategi pemasaran cenderung terobsesi untuk meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Tapi pendekatan baru dengan growth marketing berbeda. Cara ini lebih fokus pada menciptakan kesetiaan pada brand, brand awareness, dan permintaan yang cukup terhadap produk agar tetap ada penjualan dalam jangka panjang.

5. Berdiskusi dengan Konsumen yang Profitabel

Fokus lain yang tak kalah penting dari growth marketing adalah menjaga hubungan baik dengan konsumen. Karena itu, budget growth marketing banyak yang ditujukan untuk berbicara dengan konsumen yang profitabel. Cara berkomunikasinya beragam tapi tujuannya sama yaitu agar konsumen memberi penilaian tertinggi untuk brand kita.

Skill yang Harus Dimiliki Growth Marketer

Skill Growth Marketer

Karena growth marketing tergolong baru, maka umumnya strateginya memanfaatkan berbagai platform digital. Jadi growth marketer harus mampu memanfaatkan teknologi terbaru dengan sebaik-baiknya. Selain itu, seorang growth marketer diharapkan mampu beradaptasi dengan baik. Apa saja skill growth marketer yang harus dimiliki? Ini dia empat skill yang penting untuk dimiliki:

1. Foundational Skills

Ini adalah skill mendasar yang harus dimiliki growth marketer. Kemampuan ini mencakup semua skill setelahnya. Tujuh hal yang harus dikuasai adalah empati dengan konsumen, analisis data, memproses uji coba, optimasi funnel, copywriting, desain visual, dan skill pembentukan dasar.

2. Product Skills

Kita semua tahu kalau kemampuan mempertahankan pelanggan adalah kunci agar bisnis dapat berkembang. Mampu mengakuisisi pengguna baru jadi sia-sia kalau pada akhirnya mereka akan pindah ke brand lain. Jadi skill yang kedua ini mencakup mempertahankan pelanggan, pengalaman pengguna baru, product marketing, dan mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

3. Acquisition Skills

Karena growth marketer berusaha untuk mengetahui apakah produk mereka sudah sesuai dengan pasar. Maka salah satu fokusnya adalah mengakuisisi pelanggan baru. Untuk skill yang satu ini, ada 4 hal yang harus dikuasai yaitu membuat konten marketing, konten akuisisi berbayar, membuat konten jadi viral dan Search Engine Optimization (SEO).

4. Monetisation Skills

Setelah mengembangkan pelanggan, maka fokusnya bergeser ke monetisasi. Bagaimana caranya perusahaan mendapatkan penghasilan dari pengguna baru dan pengguna yang sudah ada sebelumnya? Karena itu, monetisation skills mencakup strategi menetapkan harga, memupuk kepemimpinan pada tim sales, dan bekerja sama dengan tim lain yang berhubungan, seperti tim produksi dan tim desain.

Bagaimana Growth Marketing Bekerja untuk Startup?

Growth marketing untuk startup memanfaatkan kombinasi beberapa cara dan alat untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan traffic. Dengan pendekatan 360 derajat, growth marketing bisa menjadi funnel marketing menggunakan aspek pembentukan brand. Misalnya menggunakan Search Engine Optimization (SEO), marketing performance, dan pemasaran lewat media sosial.

Di era digital saat ini, penggunaan growth marketing untuk meningkatkan bisnis stratup adalah cara yang powerful dan dapat berjalan dalam waktu singkat. Pendekatan yang berdasarkan data akurat memungkinkan growth marketer menggunakan analisis, studi kasus, grup yang terfokus dan alat lainnya. Tujuannya adalah untuk benar-benar memahami konsumen.

Dengan menerapkan growth marketing, bisnis startup dapat:

  • Membangun kampanye personal yang mampu menjangkau konsumen lewat berbagai channel.
  • Mengikuti kebiasaan konsumen yang sesuai target brand, sehingga perusahaan dapat membuat strategi yang tepat untuk mengoptimalkan pertumbuhan startup.
  • Membangun komunikasi yang baik pelanggan, sehingga mengurangi angka pelanggan yang berpindah ke brand lain.
  • Meningkatkan penghasilan hingga 15%.
  • Menekan biaya marketing hingga 30%.

Pada akhirnya, tujuan growth marketing adalah agar konsumen tetap bertahan dan puas dengan produk yang ditawarkan perusahaan. Dengan memprioritaskan konsumen, produk pun semakin berkualitas dan dengan sendirinya penghasilan bertambah.

Apakah Anda sudah siap mengaplikasikan growth marketing untuk bisnis startup yang baru Anda buat? Atau masih butuh banyak info terkait strategi pemasaran ini? Jangan khawatir, Anda bisa membaca artikel lainnya yang membahas mengenai perbedaan growth marketing dan digital marketing di website Pipeline. Selain itu, Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan growth marketing agency untuk membantu bisnis startup Anda.

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down