Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > 7 Strategi Lead Generation Paling Ampuh untuk B2B

7 Strategi Lead Generation Paling Ampuh untuk B2B

July 5, 2024  •    •  Rista Fathika Anggrela

Lead generation adalah proses menarik dan mengubah calon pelanggan menjadi lead atau prospek, yang pada akhirnya bisa menjadi pelanggan yang membayar. Dalam dunia bisnis B2B (business to business) marketing, lead generation strategy menjadi sangat penting untuk diterapkan karena siklus penjualan yang lebih panjang dan kompleks.

Untuk mencapai kesuksesan dalam lead generation strategy, perusahaan harus mengimplementasikan berbagai strategi yang efektif.

7 Strategi Lead Generation B2B Marketing

Dengan menerapkan berbagai strategi yang tepat, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya mendapatkan lead, tetapi juga menjaga keterlibatan dan minat mereka hingga proses penjualan selesai. Mari kita lihat tujuh lead generation strategy yang dapat membantu perusahaan B2B dalam mencapai tujuan ini.

Menjalankan Content Campaign

Content campaign adalah salah satu lead generation marketing strategies yang paling efektif. Dengan membuat dan mendistribusikan konten berkualitas, perusahaan dapat menarik perhatian calon pelanggan dan membangun kepercayaan.

Konten bisa berupa artikel blog, whitepapers, e-books, infografis, dan video. Konten yang informatif dan relevan dapat menarik calon pelanggan yang sedang mencari solusi untuk masalah mereka. Pastikan untuk menyertakan call-to-action (CTA) yang jelas untuk mengarahkan pembaca ke langkah selanjutnya dalam proses pembelian.

Menerapkan A/B Testing

A/B testing adalah metode dalam digital marketing untuk membandingkan dua versi dari sebuah halaman web atau elemen marketing untuk menentukan mana yang lebih efektif dalam mengubah pengunjung menjadi lead. Dengan menerapkan A/B testing, perusahaan dapat mengoptimalkan elemen-elemen seperti headline, gambar, teks, dan CTA.

Misalnya, Anda bisa menguji dua versi landing page dengan variasi judul atau gambar yang berbeda untuk melihat mana yang menghasilkan konversi lebih tinggi. Hasil dari A/B testing dapat memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan strategi marketing Anda.

Kumpulkan Ulasan Pembeli

Ulasan pembeli dapat menjadi alat yang sangat efektif dalam menarik lead baru. Pembeli cenderung lebih percaya pada ulasan dari pelanggan lain dibandingkan dengan klaim dari perusahaan itu sendiri.

Oleh karena itu, mengumpulkan ulasan positif dari pelanggan yang puas dan menampilkannya di situs web atau platform media sosial Anda dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Selain itu, ulasan negatif juga bisa menjadi peluang untuk menunjukkan bagaimana perusahaan menangani masalah dan memperbaiki layanan.

Lakukan Survei Pasar

Survei pasar adalah cara yang efektif untuk memahami kebutuhan dan preferensi calon pelanggan. Dengan melakukan survei, perusahaan dapat mengumpulkan data berharga yang bisa digunakan untuk mengembangkan produk atau layanan bisnis yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.

Survei juga dapat membantu dalam mengidentifikasi segmen pasar yang paling potensial untuk dijadikan target lead generation. Pastikan untuk mengajukan pertanyaan yang relevan dan memberikan insentif bagi partisipan survei untuk meningkatkan partisipasi.

Studi Kasus Sebagai Testimoni

Studi kasus adalah alat yang sangat efektif untuk menunjukkan keberhasilan produk atau jasa Anda dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Dengan menampilkan studi kasus yang detail dan informatif, perusahaan dapat memberikan bukti konkret tentang nilai yang ditawarkan.

Studi kasus yang baik harus mencakup latar belakang pelanggan, tantangan yang dihadapi, solusi yang diterapkan, dan hasil yang dicapai. Dengan demikian, calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan bisnis Anda dapat melihat dari studi kasus bagaimana produk atau layanan Anda bisa membantu mereka dalam situasi serupa.

Personalisasi Konten Website

Personalisasi konten website adalah strategi untuk menyajikan konten yang relevan dan spesifik bagi setiap pengunjung berdasarkan data dan perilaku mereka. Dengan memanfaatkan teknologi seperti cookies dan analitik, perusahaan dapat menyesuaikan konten yang ditampilkan kepada pengunjung situs web berdasarkan preferensi dan kebiasaan mereka.

Misalnya, pengunjung yang sering mengunjungi halaman produk tertentu dapat disajikan dengan penawaran khusus atau konten yang lebih mendalam tentang produk tersebut. Personalisasi konten dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung dan peluang konversi.

Optimalisasi SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah praktik untuk meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari seperti Google. Dengan mengoptimalkan konten untuk kata kunci yang relevan, perusahaan dapat menarik lebih banyak pengunjung organik yang berpotensi menjadi lead. SEO melibatkan berbagai elemen, termasuk penelitian kata kunci, optimalisasi halaman, pembuatan konten berkualitas, dan membangun backlink.

Dengan strategi SEO yang efektif, situs web perusahaan dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian, meningkatkan peluang untuk menarik lead berkualitas seperti MQL (marketing qualified lead) atau SQL (sales qualified lead).

Itulah 7 lead generation strategy yang bisa Anda terapkan sesuai dengan bisnis Anda. Dengan menerapkan berbagai strategi lead generation yang efektif untuk bisnis, perusahaan dapat menarik dan mengubah calon pelanggan potensial menjadi leads yang berkualitas.

Tingkatkan Lead Generation Anda dengan Pipeline CRM

Pipeline CRM Lead Management adalah solusi lengkap untuk mengelola dan mengoptimalkan lead generation. Dengan fitur otomatisasi pemasaran, analitik canggih, dan integrasi mulus dengan CRM lain seperti Salesforce, HubSpot, dan Zoho, Pipeline CRM membantu Anda melacak dan mengelola lead dari awal hingga penutupan penjualan.

Nikmati dashboard intuitif yang menampilkan data real-time, memfasilitasi kolaborasi tim marketing dan penjualan. Otomatisasi pemasaran mendukung email follow-up dan penargetan iklan yang tepat. Analitik yang kuat membantu mengevaluasi kinerja kampanye dan mengidentifikasi area perbaikan.

Pipeline CRM memastikan tidak ada lead yang terlewatkan dan setiap peluang penjualan dimaksimalkan. Tingkatkan konversi dan koordinasi tim dengan Pipeline CRM. Gunakan Pipeline CRM sekarang untuk hasil lead generation yang lebih baik dalam waktu singkat!

Dapatkan demo sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down