Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Ketahui Pentingnya Lead Generation Bagi Bisnis dan Prosesnya

Ketahui Pentingnya Lead Generation Bagi Bisnis dan Prosesnya

December 1, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Pengertian lead generation adalah unsur penting dalam pemasaran digital guna mengumpulkan pelanggan. Seperti yang diketahui bersama, sukses tidaknya bisnis dipengaruhi oleh banyak sedikitnya konsumen yang tertarik membeli produk. Semakin banyak pelanggan, maka pembelian produk juga meningkat.

Untuk menggunakan strategi marketing ini, tentu pebisnis perlu menggali informasi lebih jauh terkait lead dan proses yang harus dilalui. Istilah lead mungkin belum begitu familiar bagi pemula. Untuk menumbuhkan bisnis dengan baik, berikut informasi yang patut disimak:

Apa Itu Lead?

Membahas terkait lead gen, maka pembaca perlu memahami terlebih dahulu tentang lead. Istilah tersebut menunjuk pada calon konsumen yang memiliki potensi untuk menjadi pelanggan. Lead terbagi menjadi empat macam sebagaimana poin-poin berikut ini:

1. Marketing Qualified Lead (MQL)

Orang-orang yang sudah berinteraksi pada materi promosi dari sebuah brand dinamakan dengan Marketing Qualified Lead. Umumnya orang-orang tersebut sudah pernah mengakses landing page dari website. Dapat dikatakan jika pengguna tersebut, sudah mengetahui keuntungan dan spesifikasi produk atau layanan.

Meski sudah tahu banyak tentang produk, akan tetapi MQL belum memiliki keinginan untuk membelinya. Ini mungkin terjadi karena beberapa alasan dan pertimbangan dalam pembelian barang. Meski demikian, MQL termasuk kelompok yang relatif siap menjadi pelanggan.

2. Sales Qualified Lead (SQL)

Kelompok yang masuk pada kategori SQL adalah orang yang mempunyai ketertarikan pada produk. Sebagai contoh, audiens yang bersedia bertanya langsung atau mengisi formulir untuk mengetahui detail produk. Kelompok SQL, menunjukkan minatnya untuk membeli produk dan jasa tertentu.

3. Product Qualified Lead (PQL)

Orang-orang yang sempat mencoba tester atau produk gratis pada saat promosi berlangsung termasuk kategori PQL. Golongan ini telah menunjukkan ketertarikannya pada produk, sehingga memiliki peluang lebih tinggi untuk membeli. Bahkan kategori PQL tidak ragu menggunakan layanan premium.

4. Service Qualified Lead

Selain PQL, orang yang sudah mencoba layanan gratis dikategorikan dalam Service Qualified Lead. Golongan ini sudah pernah menyempatkan diri mencoba free trial yang ditawarkan oleh bisnis tertentu. Kelak Service Qualified Lead tidak akan ragu untuk menggunakan fitur yang lebih lengkap.

Mengapa Lead Generation Penting?

Dari pembahasan sebelumnya, diperoleh pengertian bahwa lead gen merupakan orang-orang yang mempunyai minat pada produk atau layanan tertentu. Jika dilakukan manajemen yang baik, maka kelompok tersebut akan menjadi pelanggan dari suatu bisnis. Sebab, kelompok tersebut berpotensi untuk membeli.

Sementara lead generation marketing adalah bagian penting yang tidak boleh ditinggalkan pada strategi pemasaran. Tanpa penerapan yang baik, bisnis akan susah berkembang dalam mengumpulkan pelanggan. Sejatinya setiap bisnis memerlukan strategi ideal untuk memastikan produknya terjual.

Banyak cara untuk mengoptimalkan pemasaran digital, misalnya dengan menerapkan strategi lead generation yang efektif di Facebook guna melakukan promosi. Untuk mencobanya, maka pebisnis dapat membuat campaign berupa pengisian form di halaman Facebook.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dikatakan jika seorang pebisnis membutuhkan lead gen untuk kemajuan bisnis. Pada bidang pemasaran digital, lead gen bisa dipecah ke beberapa bentuk aktivitas pemasaran. Berikut tujuan utama penerapan lead gen yang perlu diketahui:

  • Memicu lalu lintas publik menuju ke web bisnis.
  • Memperoleh pengunjung menjadi prospek.
  • Membuat prospek menjadi pelanggan tetap.

Strategi lead gen yang diterapkan akan berguna untuk memastikan bahwa pemasaran yang telah diperjuangkan tidak sia-sia. Baik itu berupa promosi atau membuat iklan di media sosial, kerja sama dengan influencer, SEO, dan seterusnya. Setiap trafik dalam web bisnis berguna untuk memperoleh pelanggan.

Proses Lead Generation

proses Lead Generation

Dalam upaya menerapkan identifikasi pelanggan yang potensial atau dikenal dengan lead generation B2B memang tidak mudah. Untuk itu, marketer perlu memahami proses dari lead itu sendiri. Berikut tahapan yang akan dilalui untuk meraih pelanggan bagi bisnis yang dijalankan:

1. Dapatkan Lead

Tahapan awal yang harus dilalui untuk menerapkan digital marketing adalah mengundang target lead ke situs. Menarik perhatian lead dapat dilakukan dengan pembuatan konten eksklusif. Marketer juga dapat mengoptimalkan lead generation Linkedin untuk memperoleh prospek yang lebih baik.

Postingan konten online terdiri dari berbagai jenis, misalnya ebook, blog post atau artikel, foto, dan seterusnya. Paling penting marketer sudah memahami apa itu lead gen dan berusaha mengajak audiens untuk mengisi form serta meninggalkan kontak. Dengan demikian, digital marketing menjadi lebih leluasa untuk diterapkan.

2. Bangun Hubungan Dengan Lead

Jika marketer berhasil mengumpulkan kontak pelanggan, selanjutnya perlu dilakukan manajemen kontak dengan baik. Buatlah list email yang berguna untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Semakin sering berinteraksi, maka pelanggan dan terdorong untuk membeli.

Perlu diketahui bahwa dalam tahap membangun hubungan dengan lead memerlukan waktu yang tidak sebentar. Marketer mungkin perlu meluangkan waktu berbulan-bulan lamanya untuk menjalin interaksi. Untuk mencapai tujuan akhir, maka hal yang wajib ditanamkan adalah kesabaran.

3. Nilai Lead

Untuk memperbaiki lead, maka marketer perlu menilai lead berdasarkan tingkat interaksinya. Tahapan ini sangat penting untuk mengetahui mana yang perlu diprioritaskan saat melakukan penawaran. Marketer bisa menambah atau mengurangi nilai menyesuaikan dengan tingkat interaksinya.

Lead dengan nilai yang baik perlu didorong untuk menjadi pelanggan. Lanjutkan menganalisis nilai lead selama strategi digital marketing tersebut dilaksanakan. Tingkatkan interaksi bersama dengan lead yang mendapatkan nilai tertinggi, sehingga dapat fokus pada usaha yang sedang dibangun.

4. Sampaikan Lead ke Tim Sales

Pada strategi digital marketing, diperlukan hubungan kerja sama yang baik antara marketer dengan tim sales. Tugas utama marketer yaitu mendapatkan lead dan meningkatkan ketertarikan orang-orang pada produk atau jasa yang dimiliki. Interaksi ini, bertujuan mengajak pelanggan untuk membeli.

Selanjutnya strategi marketing diambil alih oleh tim sales dengan upaya menggerakkan minat lead supaya terus menjadi pelanggan. Setelah pelanggan terkumpul, tim sales mempunyai tugas untuk mempertahankan seluruhnya sepanjang waktu.

5. Evaluasi Proses Lead Gen

Meskipun marketer sudah melaksanakan strategi digital marketing dengan baik, tentu saja masih diperlukan evaluasi. Ini bertujuan untuk mengetahui seefektif apa strategi lead gen yang dilaksanakan dan berusaha menemukan lead yang baru. Salah satunya dengan mengoptimalkan media sosial yang dimiliki.

Pada dasarnya selalu ada hal yang dapat dikembangkan atau diperbaiki dalam digital marketing. Untuk itulah, perlu dilakukan tahap evaluasi baik saat strategi ini berhasil diterapkan atau pun tidak. Dengan evaluasi, maka marketer dapat memperbaiki lead menjadi lebih efisien.

Melaksanakan evaluasi bisa dengan cara memantau berbagai aspek yang berhubungan dengan bisnis, misalnya tingkat konversi dan trafik. Lamanya waktu para pelanggan untuk menjelajahi website juga bisa menjadi acuan dalam pelaksanaan evaluasi.

Sudahkah Anda memahami apa itu lead generation? Strategi ini sangat bermanfaat bagi perusahaan, terutama bagi kesuksesan sebuah bisnis. Setelah memahami rangkaian proses dari lead gen, Anda bisa mulai mencoba menerapkan strategi tersebut untuk membangun bisnis yang dimiliki.

Jika Anda memerlukan lead generation marketing untuk meningkatkan MQL - SQL Anda sekarang juga. Ayo kenali lebih jauh services yang Pipeline tawarkan di sini! Dapatkan leads potensial dan tingkatkan traffic Anda bersama kami. Anda juga bisa mulai dengan berkonsultasi secara gratis di sini.

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down