Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Peran Penting Marketing Agency Sebagai Lead Generation

Peran Penting Marketing Agency Sebagai Lead Generation

July 12, 2024  •    •  Rista Fathika Anggrela

Tidak bisa dipungkiri persaingan bisnis dari waktu ke waktu memungkinkan kita untuk memutar otak lebih maksimal. Salah satunya mengenai bagaimana caranya agar bisnis tetap berjalan dan dapat mendapatkan pelanggan. Di sinilah mengapa strategi pemasaran tentu akan sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis dan mengoptimalkan lead generation. Cara yang dapat dilakukan adalah menggunakan jasa marketing agency.

Kenapa Marketing Agency Penting untuk Lead Generation?

Marketing agency (agensi pemasaran) adalah sebuah badan perusahaan profesional yang memiliki peran krusial dalam mengoptimalkan lead generation bagi perusahaan klien. Fokus utama marketing agency adalah mengelola dan merancang strategi pemasaran yang efektif untuk menghasilkan leads berkualitas.

Cara kerja marketing agency dalam konteks lead generation meliputi:

  1. Melakukan riset mendalam untuk mengidentifikasi target audiens yang paling potensial menjadi leads.
  2. Merencanakan dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang khusus dirancang untuk menarik dan mengonversi prospek menjadi leads.
  3. Menganalisis data untuk terus meningkatkan efektivitas kampanye lead generation.

Di Indonesia, menggunakan jasa marketing agency menjadi pilihan yang sangat bermanfaat bagi perusahaan yang ingin meningkatkan jumlah dan kualitas leads mereka. Terutama jika Anda merasa bingung atau tidak memiliki waktu untuk melakukan riset dan mengembangkan strategi lead generation yang tepat untuk usaha Anda.

Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, marketing agency dapat membantu merancang dan menjalankan kampanye lead generation yang terukur dan efektif. Mereka mampu mengintegrasikan berbagai taktik pemasaran digital seperti content marketing, SEO, social media marketing, dan email marketing untuk menciptakan alur lead generation yang konsisten dan berkelanjutan.

Dengan demikian, agensi marketing berperan penting dalam memaksimalkan potensi lead generation perusahaan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan peluang konversi dan pertumbuhan bisnis.

Apa yang Membedakan Marketing Agency?

Dalam perkembangan bisnis saat ini semakin banyak bermunculan agensi yang menawarkan spesialisasinya tersendiri. Ada banyak jenis agensi seperti creative agency, digital agency, advertising agency, entertainment agency, dan marketing agency. Lalu apa yang membedakan marketing agency dengan agensi lainnya terutama advertising agency? Bukankah keduanya sama-sama melakukan strategi pemasaran?

Anda perlu tahu bahwa agensi pemasaran, seperti namanya, merupakan agensi yang berfokus pada penjualan dan pemasaran. Mengenai bagaimana agar konsumen tertarik dan membeli suatu produk atau jasa. Jasa agensi ini memiliki perbedaan dengan advertising agency yang terfokus pada bagaimana mengiklankan suatu perusahaan.

Agensi pemasaran memegang peranan yang sangat penting dan berpengaruh dalam performa bisnis. Bisa dibilang bisnis dapat semakin berkembang jika strategi marketing yang dilakukan semakin baik.

Jenis-Jenis Marketing Agency untuk Mendapatkan Leads

jenis jenis Marketing Agency

Sering kali dianggap sama, faktanya ada beberapa jenis marketing agency yang perlu Anda ketahui dan bedakan, diantaranya:

Traditional Marketing Agency

Mungkin Anda sering melihat sebuah campaign bisnis yang ada di media seperti tv, radio, media cetak, maupun secara offline dengan menyebarkan brosur misalnya. Hal ini termasuk ke dalam kegiatan traditional marketing agency. Agensi yang melakukan upaya pemasaran melalui media elektronik, cetak, maupun offline.

Cara yang tradisional ini memiliki beberapa kekurangan pada zaman sekarang, karena dinilai tidak lagi efektif.

Karena membutuhkan anggaran yang cukup besar, namun konversi penjualan tidak begitu banyak. Selain itu, agensi pemasaran tradisional memiliki kesulitan untuk memantau bagaimana perkembangan pemasaran pada suatu waktu, sehingga mengakibatkan data dan pengukuran yang tidak pasti.

Karena kelemahan inilah banyak perusahaan yang enggan menggunakan agensi pemasaran tradisional. Biasanya yang menggunakannya pun adalah perusahaan yang telah memiliki nama dan popularitas, sehingga sanggup membayar biaya campaign di media elektronik tv misalnya.

Digital Marketing Agency

Yang kedua adalah digital marketing agency, jenis ini adalah yang paling banyak didengar pada zaman sekarang. Banyak kaula muda yang berbondong-bondong meningkatkan skillnya dengan belajar di bidang agensi digital marketing. Ini dikarenakan agensi pemasaran digital merupakan agensi khusus yang membantu bisnis melakukan pemasaran digital dengan mengoptimalkan aset media digital yang dimiliki perusahaan.

Contoh aset media yaitu seperti social media, website (situs web), newsletter, dan email marketing. Yang mana aset ini tentu sering digunakan oleh sebagian besar orang untuk berbagai kegiatan atau pekerjaan. Pengoptimalisasi yang dilakukan pun meliputi social media marketing dan content marketing.

Zaman sekarang, tentu informasi lebih banyak terpapar dari smartphone secara online di internet. Karenanya, strategi pemasaran digital dinilai lebih efektif dibandingkan lainnya. Dengan mengoptimalkan aset digital, biaya yang dikeluarkan tidak sebesar pemasaran tradisional, efektivitas menjadi lebih tinggi. Sehingga tidak jarang ketika menggunakan jasa agensi pemasaran digital, sebuah perusahaan akan lebih mudah memantau dan mengembangkan bisnisnya.

Specialized Marketing Agency

Pengertian specialized marketing agency adalah agensi yang hanya fokus pada pengembangan suatu aset perusahaan. Berbeda dengan digital marketing agency yang dapat melakukan pengembangan pada berbagai aspek digital perusahaan.

Specialized marketing agency lebih memiliki spesialisasi teknik pemasaran pada satu pengembangan saja. Contohnya, agensi pemasaran khusus yang memasarkan hanya pada desain interface pada website perusahaan.

Desain interface dibutuhkan untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna atau user experience. Dengan spesialisasi jasa yang ditawarkan ini, tidak jarang klien juga memikirkan dan memilih bagaimana konsep yang mereka inginkan.

Seperti, apa strategi yang ingin dilakukan, bagaimana penyusunan strategi yang akan dilakukan, dan bagaimana tujuan yang ingin dicapai. agensi pemasaran khusus dapat bertugas membantu klien menjalankan konsep pemasaran sesuai dengan specialized service yang ditawarkan.

Full-Service Digital Marketing Agency

Selanjutnya adalah full-service digital marketing agency. Mungkin Anda bingung apa yang membedakan dengan agensi pemasaran digital? Bedanya adalah terletak pada pengoptimalan sebuah aset digital yang dimiliki perusahaan.

Digital marketing agency juga mengelola kegiatan pemasaran secara digital, akan tetapi pengembangannya belum seoptimal layanan full-service digital marketing agency. Pada agensi pemasaran digital full-service, Anda akan mendapatkan pengembangan aset digital seperti search engine marketing, inbound marketing, advertising atau iklan, dan sebagainya.

Baca lebih lanjut: Bagaimana Pipeline Marketing Teknologi berhasil meningkatkan ROI klien kami hingga 184,7% dengan mengunakan strategi inbound marketing.

Jasa yang ditawarkan juga dapat berupa penananganan desain untuk meningkatkan pengalaman audiens saat membuka website atau landing page. Agensi pemasaran digital full-service memberikan keuntungan tidak hanya dengan menjalankan pemasaran dan memasarkan produk, melainkan juga pengoptimalannya.

Manfaat Menggunakan Marketing Agency

Manfaat Menggunakan Marketing Agency

Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengunakan marketing agency.

1. Membantu Perkembangan Bisnis

Manfaat menggunakan agensi pemasaran yang terutama adalah membantu perkembangan bisnis. Ini adalah hal yang tidak bisa dipungkiri. Mereka akan menyediakan jasa professional dalam menjalankan strategi pemasaran. Dengan pelayanan yang professional dan terstruktur, klien akan mendapatkan gambaran jelas mengenai upaya apa yang seharusnya dilakukan.

Dengan menjalankan strategi ini di tangan professional yang telah memiliki pengalaman lebih, maka klien akan lebih mudah terbantu dalam mengembangkan bisnis mencapai tujuan yang diinginkan. Perusahaan klien pun akan semakin unggul dibandingkan kompetitor lainnya. Sehingga lebih dipandang oleh masyarakat, serta bisnis dapat selalu berjalan.

Cari tahu bagaimana Pipeline Marketing Teknologi berhasil membantu perkembangan bisnis dengan meningkatkan organic traffic hingga 185.33% menggunakan seach engine optimization (SEO).

2. Meningkatkan Konversi Penjualan

Konversi penjualan adalah bagaimana orang akan memutuskan untuk membeli suatu produk. Semakin baik strategi marketing yang dijalankan, maka konversi penjualan juga semakin meningkat. Contohnya seperti salah satu strategi yang dinamakan search engine marketing. Pada strategi ini klien berpotensi untuk mendapatkan konversi penjualan paling tinggi.

Dengan penerapan yang tepat sesuai dengan target pemasaran, maka akan langsung mendatangkan banyak pembeli. Tidak jarang juga semakin berkembang suatu strategi yang dijalankan, maka akan mengundang target pasar yang semakin luas. Sehingga bisnis semakin berkembang dan menguntungkan.

3. Menghemat Waktu dan Biaya Pemasaran

Keuntungan menggunakan agensi pemasaran adalah Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari tenaga pemasaran secara perorangan. Merekrut dan mengevaluasi kinerja perorangan tentu memakan waktu dan tenaga yang cukup lama, belum tentu juga hasil kerjanya dapat memuaskan sesuai harapan. Terutama bagi Anda yang kurang memahami pengetahuan marketing secara mendalam.

Alangkah lebih efektif jika menggunakan jasa marketing agency yang sudah memiliki tim. Karena Anda tidak perlu meriset secara mendalam apa yang Anda kurang pahami mengenai strategi pemasaran. Dengan bantuan tenaga professional yang ahli dan kerja dibidang marketing selama beberapa tahun tentu akan memudahkan bisnis Anda mencapai tujuan secara lebih jelas.

Itulah beberapa penjelasan terkait marketing agency, jenis, dan manfaatnya sebagai lead generation. Jika Anda tertarik memahami lebih lanjut terkait jasa yang ditawarkan agensi pemasaran, proses kerjanya, atau peran yang dimiliki mereka untuk membantu bisnis Anda berkembang. Maka langsung menghubungi Pipeline, yang merupakan growth marketing agency Jakarta terbaik yang memprioritaskan data, teknologi dan measurement dalam setiap aktivitas marketing.

Anda juga bisa menjadwalkan konsultasi GRATIS bersama Pipeline!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down