Let's Connect
Home > Blog > Business > 4 Alasan Mengapa Startup kamu membutuh Growth Hacker
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

4 Alasan Mengapa Startup kamu membutuh Growth Hacker

Januari 27, 2022  •    •  Angelin Lu Prahsia

Mengapa Startup, khususnya yang baru saja mendapatkan pendanaan memerlukan bantuan seorang Growth Hacker? Bukankah seorang praktisi digital marketing saja sudah cukup? Beberapa orang belum mengetahui perbedaan dari digital marketing dan growth hacking, bahkan menggangap kedua hal itu sama. Penjelasan tentang apa itu growth hacking, pernah dibahas dalam artikel dibawah ini,

Apa Itu Growth Hacking? Berikut Pengertian dan Contohnya

Mungkin kamu dapat mengecek terlebih dahulu, sebelum masuk ke alasan mengapa kamu membutuhkan jasa Growth Hacker dalam strategi pertumbuhan perusahaan.

Pentingnya Growth Hacker

 Dalam membangun Startup, kamu pasti akan dipertemukan dengan 2 hal ini, Kesempatan dan Tantangan. Kamu sudah membuat goals yang jelas dan terukur sebelum memulai bisnis Startup. Tetapi dalam proses implementasinya, tidak semudah rencananya.

Bagaimana bila di pertengahan jalan, kamu lebih banyak bertemu dengan Tantangan dibandingkan Kesempatan? 

Dinilah Growth Hacker Berperan,

Berfokus 100% dalam mencapai dan menumbuhkan target-target kamu, membantu menghindari growth pitfalls atau perangkap yang membuat kamu stuck disitu-situ aja.

Growth marketing lebih dari sekedar marketing, membantu mengetahui apa yang bekerja dan apa yang sama sekali tidak. 

Berikut 4 peran Growth hacker dalam membantu Startup

 

  1.  Mendapatkan Pengguna/Konsumen Baru melalui Sosial Media

leads generation

Growth Hacker akan mengidentifikasi target bisnis, tujuan pemasaran dan konsumen ideal terbaik untuk kamu. Sebelum meriset kompetitor dan membuat strategi konten yang tepat untuk meningkatkan jumlah konsumen. Kebanyakan startup akan mulai dari penentuan budget baru mencari taktik yang cocok dengan budget mereka.

Tetapi, peretas pertumbuhan ini bergerak sebaliknya, mereka akan membuat strategi terlebih dahulu, baru menentukan budget yang sesuai. karena mereka berfokus pada usaha kepada 1 hal, yaitu pertumbuhan.

  1. Mendapatkan Pengguna/ Konsumen Baru via SEO

search engine optimization

Apa kamu tahu istilah baru dalam industri marketing? yaitu SEO Growth hacking. meningkatkan traffic melalui SEO bukanlah hasil yang terjadi dalam 1 malam. 

dibandingkan menghabiskan waktu hingga domain baru kamu menjadi tua dengan berkompetisi di kata kunci kompetitif.

Growth Hacker akan membantu mengoptimasi long tail keywords dan memberikan nilai ke mesin pencari dan juga user. Seperti namanya, Peretas Pertumbuhan akan mencari kata kunci yang relevan untuk membantumu mencapai tujuan startup kamu dan mengoptimasi performa dari kata kunci yang digunakan.

  1. Membantu meningkatkan UX kamu

user experience

Pengalaman pengguna website kamu adalah bagian penting dari pertumbuhan startup. Beberapa startup hanya berfokus pada konversi dan menghasilkan kesalahan besar. Untuk apa berjuta-juta users, tetapi tidak ada yang membeli produk atau jasa?

UX tidak dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan kamu, bila tidak ada pertumbuhan sama sekali. growth hacker akan mengakses data dari UX designer kamu untuk membawa pertumbuhan startup kamu lebih jauh lagi.

merekrut Growth hacker yang berbakat sangat penting untuk masa depan startup kamu.

  1. Menambah konsumen baru dari Email Marketing

email marketing growth hacker

kamu membutuhkan growth hacker untuk membangun list email dan mengkonversikannya menjadi konsumen. Email marketing adalah salah satu saluran pemasaran yang masih efektif digunakan hingga saat ini, dari jaman 70-80'an dimana iklan dalam kotak surat masih sering digunakan untuk mempersuasi konsumen.

email marketing akan sangat sulit kalau kamu tidak tahu cara menggunakannya, karena terdapat testing dan tracking di dalamnya. dan ini lah alasan kenapa kamu membutuhkan growth hacker.

Kesimpulan

growth hacker

Growth Hacker bagaikan seorang nelayan yang handal, 

apapun alat yang digunakan, seluas apapun lautan, ia akan menggunakan taktik berbeda untuk tetap berfokus pada tujuan utama, yaitu menangkap ikan.

Mereka tahu apa yang mereka lakukan, dan mereka dapat mencapai hasil berulang kali menggunakan taktik berbeda untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu pertumbuhan perusahaan.

Bila kamu melakukannya seorang diri, bayangkan bila dalam 6 bulan, kamu telah mencoba segala jenis strategi, mulai dari email marketing, seo, sem, social media dan masih banyak lagi. Kamu sudah kehilangan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit.

Dibandingkan menghabiskan berbulan-bulan mengotak- atik strategi baru dan kehilangan 10 juta, akan jauh lebih efisien bila kamu membeli skill dan pengalaman orang lain yang lebih handal di bidangnya dan mendapatkan hasil lebih cepat dibandingkan harus kehilangan 6 bulan waktu berharga startup kamu.

Artikel Terkait
Artikel Populer

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2023. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down