Konsultasi Gratis
Home > Blog > Business > Bagaimana Notion menjadi $2 Billion SaaS Startup dengan Komunitas?

Bagaimana Notion menjadi $2 Billion SaaS Startup dengan Komunitas?

January 20, 2022  •    •  Angelin Lu Prahsia

Ketika dunia diterpa oleh pandemi covid-19, semua bisnis mulai mengubah sistem mereka menjadi online untuk terus beroperasi dan menghindari kerumunan. Tools kolaborasi mulai banyak digunakan untuk membantu berjalannya suatu proyek, salah satunya adalah Notion.

Notion adalah "all- in-one" tools yang banyak digunakan mulai dari perusahaan besar hingga tim kecil. Dimana Notion menyediakan kemudahan bekerja dimana aja dan kapan saja secara mudah dan terorganisir.

Notion memiliki Strategi pertumbuhan yang Berbeda dari yang lainnya, yaitu pemanfaatan ambassadors dari komunitas Notion. Menjadikan Notion lebih “Stand Out” dibandingkan kompetitor di industri serupa. Meningkatkan value merek yang tidak terkalahkan senilai $2 Miliar Dolar Amerika.

Mau tahu cara boost pertumbuhan perusahaan kamu seperti Notion? Baca hingga akhir.

Iklan Berbayar Tidak Selalu Berhasil

Beberapa orang berpikir bahwa rahasia kesuksesan Startup, terletak pada goals setting yang baik dan tim yang handal, itu tidak salah. Tetapi, Notion memiliki pemikiran yang sebaliknya. Tim kecil yang gesit dan cepat tanggap lah yang menjadi kunci dari keberhasilan mereka.

"We do have a small team, and I think it's not necessarily about efficiency, it’s about being clever." Ucap Camille Rickets, Kepala Marketing Notion.

Kalau kamu berpikir bahwa Notion menghabiskan banyak anggaran mereka untuk paid ads?

Sorry to say, It’s a big NO NO! Notion dapat terbilang unik. Karena sejak rilis keduanya di tahun 2018, lebih dari 80% pertumbuhan mereka berasal dari organic search dan komunitas sosial. Yang menghasilkan 20 juta kunjungan website/ bulan.

Notion tidak banyak menggunakan ads berbayar dan panjang seperti Social Media Ads, iklan yang dapat menguras budget marketing kamu. Traffic dari paid search Notion memiliki persentase terkecil, hanya lebih dari 6% total budget marketing Notion.

Mengapa Notion Memilih Menggunakan Komunitas? 

komunitas notion

Notion berfokus pada prinsip branding mereka sejak awal, yaitu:

  1. Berfokus membuat sesuatu untuk membantu orang lain bekerja lebih baik.
  2. Membuat produk bermanfaat dengan cerita menarik dan design bagus.

Kedua prinsip ini meningkatkan value Notion yang membantu strategi komunitasnya. Penggunaan komunitas membantu Notion untuk menyebarkan cerita dan kisah mereka ke audiens secara personal touch dan membangun brand value.

Mari kita bahas lebih lanjut dibawah ini,

Notion memahami perilaku pembelian konsumennya yang membantu implementasi strategi growth hacking mereka dengan komunitas. Dari pengalaman pertama kamu menggunakan Notion. Notion sudah mengatur untuk membuatmu bergabung ke dalam komunitas yang akan kamu percayai.

Apa kamu pernah melihat review bagus dan rekomendasi dari user Notion. Dan telah mendengar banyak testimoni sebagus apa Notion dari teman atau keluargamu? Strategi Word of Mouth inilah yang membuat banyak pengguna baru Notion mencari tahu dan tertarik untuk bergabung ke dalam komunitas. Begitu mulai bergabung ke dalam komunitas, Notion mendukung interaksi dimana kamu memberikan feedback sembari mengajak orang lain untuk ikut bergabung ke dalam komunitas.

Kualitas > Kuantitas

Notion mengambil pendekatan strategis pada pembuatan konten yang berkualitas, seperti komunitas mereka yang menyediakan feedback. Notion berfokus pada konten berkualitas dan membuat platform yang disukai oleh audiens kecil mereka. Dengan berfokus pada kualitas daripada kuantitas, Angka yang mengikuti malah melebihi ekspektasi Tim Notion.

Notion telah melakukan ide brilian dalam mempengaruhi konsumen dan komunitasnya untuk terus membantu pertumbuhan perusahaan. Dengan cerita yang menakjubkan, strategi unik yang rapi dan pemanfaatan komunitas. Notion berhasil menonjolkan nilai lebih mereka dibandingkan kompetitornya.

Kalau kamu mencari tim berpengalaman untuk membantu mempercepat pertumbuhan perusahaan kamu seperti Notion, Pipeline siap membantu.

Artikel Terkait
Artikel Populer

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down