Konsultasi Gratis
Home > Blog > Business > Kilas Balik Faktor Keberhasilan Strategi Spotify Wrapped Sepanjang Tahun

Kilas Balik Faktor Keberhasilan Strategi Spotify Wrapped Sepanjang Tahun

January 13, 2022  •    •  Angelin Lu Prahsia

Kalau kamu salah satu pengguna Spotify, pasti tidak asing dengan istilah Spotify Wrapped. Kampanye yang dilakukan oleh Spotify dengan mengumpulkan semua data lagu streaming kita selama 1 tahun. Mulai dari top playlist, artis favorit hingga podcast yang paling sering kamu dengarkan.

Spotify memanfaatkan Flywheel Effects (efek dari pemanfaatan momentum) untuk menarik pengguna baru menginstall dan menggunakan aplikasi mereka. Karna peminat dari tren #SpotifyWrapped sangat besar, Tren ini sudah seperti tradisi setiap akhir tahun. Pengguna akan membagikan Spotify Stories mereka ke sosial media seperti instagram, facebook dan twitter.

Walau tidak termasuk platform sosial media, Spotify sukses membungkus dengan cantik data streaming penggunanya untuk dibagikan ke berbagai sosial media.

Mau tahu, Faktor apa saja yang menyebabkan tren ini sukses? Yuk baca sampai akhir bersama Pipeline.

Keberhasilan Spotify Wrapped 2020

Kampanye Spotify Wrapped 2020 berhasil meningkatkan interaksi dan penginstalan Mobile App di minggu pertama desember tahun 2020 sebanyak 21%.

Dengan kampanye ini, Spotify sukses mempertahankan nama merek sebagai platform streaming lagu favorit sepanjang masa. Dengan 381 juta pengguna aktif per bulannya.

Tentunya, keberhasilan ini tidak terjadi dalam satu malam, Keberhasilan kampanye Spotify Wrapped 2021 terjadi karena keberhasilan tahun-tahun sebelumnya. Serta faktor-faktor pendukung yang penting dalam mendukung kesuksesan kampanye ini setiap tahunnya.

Tanpa basa basi lagi, Yuk baca sampai akhir, Apa Saja Faktor Kesuksesan Spotify Wrapped Menarik Pengguna Baru bersama Pipeline!

FOMO (Fear of Missing Out)

Pada 2017, Wrapped pertama kali diluncurkan untuk menciptakan rasa FOMO (Fear of Missing Out) bagi para non-penggunanya. Tujuannya untuk mendorong pengguna baru menginstall dan menggunakan aplikasi mereka karena rasa takut ketinggalan mengikuti tren terbaru.

Dengan munculnya rasa takut dari dalam non-pengguna ini. Spotify berhasil meningkatkan penambahan pengguna aktif sebanyak 185 Juta dalam 4 tahun, terhitung dari pertama kali kampanye diluncurkan.

Setiap tahunnya, Para pengguna akan menantikan Spotify Wrapped Stories mereka untuk dibagikan ke media sosial. Serta mengajak teman dan keluarga mereka untuk turut membagikan Wrapped Stories dan membuat non-pengguna lainnya merasa terkecualikan.

Organic Influencer Marketing

Setelah peluncuran Spotify Wrapped, Para Musisi, Podcaster dan Artis ternama mulai membagikan terima kasih mereka kepada para pendengar di sosial media, yang menyebabkan perluasan jangkauan brand Spotify ke para pengguna sosial media secara organik.

Kamu pernah melihat hashtag #SpotifyWrapped yang selalu menjadi trending di semua platform sosial media setiap tahun?

Bantuan dari para influencer menarik rasa ingin tahu pengguna sosial media dan bila sesuatu trending di sosial media. Mulai bermunculannya meme trending lainnya mengikuti tren yang sedang viral.

User Generated Content

Masih ingat dengan game Among Us?

Hayoo..Siapa yang pernah main game itu karena banyak melihat meme yang bertebaran dimana-mana?

Meme lucu yang bermunculan seiring dengan trendingnya #SpotifyWrapped akan lebih cepat tersebar dalam semua platform sosial media. Menyebabkan non pengguna merasa tertinggal dan terciptanya FOMO untuk mengikuti tren tersebut.

User Generated Content memberi dampak besar dalam kesuksesan Spotify Wrapped. Karena berhamburannya meme membuat kamu tidak ingin merasa tertinggal dari tren saat ini dan berpindah menggunakan aplikasi streaming musik Spotify.

Kompetisi Antar Pengguna

Pernah melihat Instagram stories atau halaman sosial media penuh Spotify Stories? Kalau iya, pastinya kamu akan bosan dan merasa tertinggal melihat hanya kamu yang gak ikutan tren ini.

Stories yang berisikan total waktu streaming, jumlah lagu, artis favorit, dan top genre lagu kesukaanmu sampai persentase pendengar teratas untuk artis tertentu.

Spotify memberikan fitur terbaru dengan kombinasi data personalisasi, desain grafik yang menarik perhatian dan warna terang untuk meningkatkan aktivitas pengguna di aplikasi Spotify. Spotify Wrapped 2021 memberikan fitur terbaru seperti The Movie, Your Audio Aura, Playing Cards, dan 2021 Wrapped: Blend

Karena naluri manusia adalah bersaing satu sama lain, dengan kampanye ini, Spotify mendukung penggunanya untuk bersaing melihat top album favorit pengguna lain.

Ringkasan

Bagaimana menurutmu?

Apa kamu juga ikut tren ini? Apa Top List Lagu Favoritmu?

Spotify Wrapped selalu diperkirakan akan mulai pada awal bulan Desember atau minggu pertama di bulan desember hingga akhir tahun.

Tren Spotify Wrapped tidak menggunakan tahapan-tahapan yang harus diikuti. Tetapi memupuk sedikit demi sedikit kampanye setiap bulannya. Usaha ini dilakukan agar penggunanya terus mendengarkan musik menggunakan Spotify sepanjang tahun.

Dan setelah menanti 365 Hari, para pengguna setia akan menantikan Spotify Wrapped Stories mereka untuk dibagikan di akhir tahun.

Ikuti terus Pipeline untuk informasi terbaru seputar tren, growth marketing dan hacks pengembangkan bisnis kamu.

Artikel Terkait
Artikel Populer

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down