Free Consultation

B2B Growth Marketing: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Oktober 31, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Dunia digital marketing selalu cepat bergeser sesuai dengan perkembangan yang terbaru. Pemilik bisnis B2B harus melakukan pemasaran dengan taktik yang tepat dan terdepan supaya bisa lebih menonjol dibandingkan pesaingnya. Dengan B2B growth marketing maka bisnis kita tidak akan kehilangan pelanggan di tengah ketatnya persaingan.

Dengan growth marketing B2B yang merupakan bentuk pendekatan baru dalam pemasaran, ada cara segar untuk mendekati dan menjangkau pelanggan. Sebenarnya apa itu B2B growth marketing dan apa manfaatnya bagi usaha B2B? Temukan jawabannya di sini, sekaligus lengkap dengan strategi yang bisa diterapkan di bisnis kita.

Apa Itu B2B Growth Marketing?

B2B growth marketing adalah pendekatan baru dalam pertumbuhan pemasaran yang fokus pada menghasilkan prospek lewat konten, email marketing, media sosial dan taktik marketing online lainnya. Pendekatan ini bagus diterapkan oleh bisnis yang sedang mencoba meningkatkan penjualan, prospek dan pendapatan dalam waktu singkat.

Istilah lain yang sering digunakan untuk B2B growth marketing adalah B2B growth hacking. Growth hacking sendiri adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan bisnis dan penjualan menggunakan cara-cara yang tidak konvensional. Growth hacking adalah cara yang tepat untuk lebih mengenal target pasar.

Tapi growth hacking merupakan strategi jangka pendek untuk memulai perkembangan. Kalau sudah mendapat hasil, seharusnya bisnis mulai bertransisi dari strategi jangka pendek ke strategi jangka panjang dalam B2B growth marketing. Di antaranya mengirim email ke banyak konsumen, media sosial dan lain sebagainya.

Manfaat B2B Growth Marketing

Kira-kira 61% tim marketing merasakan tantangan terbesar mereka adalah meningkatkan traffic ke situs perusahaan. Inilah pentingnya menggunakan strategi B2B growth marketing. Sebenarnya apa saja manfaat dari pendekatan pemasaran baru ini? Berikut ini 3 manfaatnya:

Meningkatkan SEO Rank

Jika bisnis kita menggunakan pemasaran via konten untuk mendapatkan prospek dan meningkatkan penjualan, maka bisnis kita berpeluang besar untuk mendapatkan posisi tertinggi di hasil pencarian. Ini bisa dilakukan dengan cara membuat konten dan membagikannya dengan memanfaatkan Search Engine Optimization (SEO).

SEO mampu memastikan konten usaha kita jadi lebih sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Karena itu konten kita bisa berada di tempat tertinggi dan sering diklik oleh konsumen. Traffic ke situs perusahaan pun meningkat.

Menambah Brand Awareness

Dengan B2B growth marketing dapat sangat membantu membangun brand dan reputasi usaha kita. Membuat konten yang berkualitas tinggi dan mempromosikan usaha kita di platform yang tepat akan membantu bisnis kita jadi lebih dikenal dari sebelumnya. Dengan begitu, kepercayaan konsumen akan usaha kita lebih meningkat. Begitu juga dengan kredibilitas perusahaan.

Meningkatkan Customer Experience

Konsumen pun akan merasakan peningkatan customer experience. Misalnya dengan taktik email marketing, maka konsumen akan merasa diperlakukan lebih personal karena seolah perusahaan berkomunikasi secara langsung dengan tiap konsumen. Maka rata-rata retensi konsumen akan meningkat. Jumlah konsumen yang puas pun lebih tinggi.

5 Strategi B2B Growth Marketing

Strategi B2B Growth Marketing

Saat sebuah usaha baru akan memulai mengaplikasikan B2B growth marketing, mungkin akan sulit menentukan harus memulai dari mana. Sebuah perusahaan dapat memilih taktik yang berbeda-beda. Berikut ini 5 B2B growth marketing strategy yang dapat diterapkan:

1. Social Media Marketing

Strategi yang pertama, social media marketing, merupakan cara yang tepat saat ini untuk menciptakan relasi dengan target pasar. Ini sekaligus jadi cara yang tepat untuk membagikan konten dengan efektif dan meningkatkan traffic ke situs perusahaan. Tapi kalau kita menggunakan social media marketing, kita harus pintar-pintar memilih metode pendekatannya.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah hindari untuk membuat konsumen merasa terganggu. Misalnya kita selalu membuat konten yang berjualan dan terkesan memaksakan produk kita. Konsumen lama-kelamaan akan merasa jenuh dengan konten yang sama seperti ini. Konsumen berpeluang akan meninggalkan media sosial perusahaan kita dan beralih mencari konten yang lebih menarik.

Sebaiknya sediakan konten yang variatif. Tak hanya berjualan, tapi juga sediakan konten lainnya yang dapat membangun relasi dengan konsumen. Misalnya konten tentang tips atau hal lain yang masih ada hubungannya dengan produk.

2. Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mengumpulkan prospek bisnis dan meningkatkan jumlah penjualan. Pastikan untuk membuat konten berkualitas tinggi yang mampu merangkul konsumen. tak hanya itu, konten juga harus informatif dan mampu mendapat respons dari konsumen. Jadi bukan komunikasi satu arah saja.

Masih belum berpengalaman membuat konten yang bermanfaat? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkreasi dengan konten. Pastikan untuk selalu mencari tahu beberapa poin di bawah ini:

  • Apa yang perlu diketahui target pasar?
  • Apa yang ingin dipelajari target pasar?
  • Apa yang dipentingkan target pasar?

Kalau kita bisa menjawab ketiga pertanyaan di atas, maka konten yang dibuat akan jauh lebih efektif dan tepat sasaran, dibandingkan konten yang dibuat begitu saja.

3. Email Marketing

Taktik berikutnya ini merupakan cara yang paling mudah untuk menjangkau target pasar. Hanya dengan mengirim email, perusahaan dapat berkomunikasi dengan konsumen menggunakan cara yang lebih personal. Perusahaan juga sekaligus memberi informasi yang dibutuhkan konsumen.

Email marketing sangat efektif untuk memberi info penting berupa konten berkualitas bagi konsumen. bentuk kontennya dapat berupa tips yang bermanfaat. Bisa juga berupa tawaran promosi dan info produk baru.

4. Kampanye Account-Based Marketing

Taktik yang keempat ini merupakan taktik yang fokusnya adalah mendekati target pasar dengan cara berbicara langsung dengan mereka. Taktik ini akan membantu perusahaan menciptakan hubungan yang personal dengan target pasar.

Dengan bicara secara langsung, tim marketing dapat lebih jelas menyampaikan secara rinci tentang bisnis yang ditangani. Tujuan taktik yang keempat ini adalah untuk membangun relasi dengan memberi info yang peting bagi target pasar.

5. Lead Verification

Tujuan utama dari B2B marketing adalah mendapatkan prospek yang benar-benar tertarik dengan produk kita dan akhirnya menjadi konsumen. Meski begitu, untuk mendapat prospek terkadang dibutuhkan biaya yang cukup tinggi dan perlu usaha yang sulit. Karena itu penting untuk memverifikasi apakah prospek benar-benar tepat atau tidak.

Inilah pentingnya strategi B2B growth marketing. Ada berbagai cara untuk memverifikasi prospek yang cerah atau kurang tepat. Dengan verifikasi sebelumnya, maka perusahaan kita dapat membedakan mana prospek yang terbaik serta menguntungkan dan mana prospek yang sebaiknya dilepas saja.

Sekarang, sudah makin paham tentang B2B growth marketing, manfaat dan strateginya? Growth marketing B2B sangat penting fungsinya dalam sebuah bisnis. Kalau dilakukan dengan tepat, maka bisnis dapat meraih banyak keuntungan.

Meski begitu, tak sedikit pebisnis yang masih kesulitan menerapkan teorinya. Inilah pentingnya kehadiran B2B marketing agency seperti Pipeline yang bisa membantu bisnis Anda. Pipeline adalah growth marketing agency yang siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan menggabungkan strategi pemasaran digital, data analitik, dan teknologi. Konsultasi gratis dengan kami sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
crossmenuchevron-down