Visibilitas adalah faktor penting untuk kesuksesan bisnis startup. Di era yang serba digital seperti sekarang, startup digital marketing menjadi cara untuk mengembangkan dan menjalankan kampanye yang tepat dengan bisnismu.
Sesempurna apapun ide bisnis kamu, sebagus apa pun produk dan layanan yang kamu tawarkan, tanpa visibilitas, tentu bisnis startup tak akan berjalan dan menghasilkan. Sebelum mendalami tentang digital marketing, yuk dapatkan info tentang startup terlebih dahulu!
Startup adalah perusahaan baru yang didirikan untuk membangun produk maupun layanan yang unik dimana akar dari perusahaan startup itu sendiri adalah inovasi. yang bertujuan hadir dengan produk dan layanan baru yang berbeda dari apa yang sudah ada sebelumnya.
Maka dari itu, promosi yang tepat adalah kunci bisnis startup yang sukses. Digital marketing merupakan alat pemasaran yang tepat bagi startup karena hampir semua orang terhubung dengan berbagai perangkat digital setiap harinya. Dengan strategi yang tepat, probabilitas kesuksesan bisnis startup kamu bisa menjadi tinggi.
Tujuan setiap startup adalah membangun brand mereka untuk lebih dikenal dan digunakan oleh banyak orang. Dengan alat yang tepat, digital marketing startup dapat membantu bisnis kamu untuk mencapai tujuan tersebut. Simak berbagai strategi marketing digital yang bisa diaplikasikan oleh startupmu di bawah ini.
Berikut beberapa strategi digital marketing yang bisa startup terapkan.
Sudah bukan rahasia lagi kalau media sosial saat ini menjadi platform yang paling efektif untuk memasarkan produk dan layanan baru, termasuk apa yang ditawarkan oleh bisnis startup kamu. Media sosial merupakan channel pemasaran yang paling mudah diakses oleh siapapun, termasuk startup kamu. Banyak calon konsumen potensial di luar sana yang menggunakan media sosial setiap harinya, sehingga kesempatan ini tak boleh terlewatkan. Perhatikan beberapa poin berikut saat memanfaatkan media sosial:
Pemasaran melalui email masih efektif digunakan hingga kini. Bahkan email termasuk salah satu tools terbaik untuk mencapai pertumbuhan startup. Lewat email, bisnis startup dapat mengirimkan berbagai bentuk pesan komersial. Mulai dari welcome email, pengumuman produk baru, give away, survei, penawarna khusus dan masih banyak lagi.
Salah satu kelebihan email marketing yang paling jelas adalah dengan biayanya yang murah, kamu dapat menjangkau banyak pelanggan dan calon pelanggan. Saat ini, hampir semua orang menggunakan email, hal ini menjadikan peluang mendapat pelanggan dari cara ini sangat besar.
Memiliki website tentunya akan memperkuat brand startup. Banyak orang yang mengecek kualitas perusahaan dari situs yang dimiliki. Jika startupmu sudah memiliki situs yang baik, saatnya kamu mengisi dengan konten berupa artikel yang mengoptimalkan SEO.
Ada banyak situs bagus di luar sana yang menawarkan produk dan layanan serupa. Maka dari itu, SEO dibutuhkan untuk untuk meningkatkan traffic situs kamu. Dengan begitu, setiap mencari kata kunci tertentu yang berhubungan dengan bisnismu, mesin pencarian Google akan mengarahkan pada laman startup kamu yang ada di barisan atas.
Kualitas konten sangat penting di era digital dan teknologi masa kini. Konten marketing yang baik dapat mencapai tiga macam target audiens yaitu cold audience yang belum mengenal brandmu, warm audience yang sudah mengenal brandmu tapi belum menggunakannya, dan hot audience yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk kamu.
Apakah kamu pernah mencari produk di Google dan terdapat deretan iklan produk yang dicari pada barisan atasnya? Inilah yang dimaksud dengan Google Adwords. Mengingat begitu banyak orang yang menggunaka Google, Google Adwords menjadi salah satu strategi yang efektif.
Kelebihan Google Adwords adalah mampu menjangkau konsumen di saat yang tepat dengan iklan yang tepat pula. Iklan hanya ditargetkan pada calon konsumen yang sedang mencari produk tersebut. Selain itu, modal yang ditawarkan dalam penggunaan Google Adwords juga dapat kamu atur.
User Facebook dan Instagram sangat tersebar luas di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tak sedikit yang berbelanja karena melihat iklan produknya di Facebook ataupun Instagram sebelum melakukan transaksi. Memasang iklan di kedua platform ini dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan brand sekaligus meningkatkan penjualan. Biaya yang kamu butuhkan untuk memasang iklan di kedua platform ini juga cukup terjangkau dimana kamu dapat mempromosikan produk ataupun jasa secara maksimal dengan budget yang minimal.
Influencer yang memiliki banyak pengikut di Instagram, TikTok dan YouTube kini menjadi tools media yang tepat untuk memasarkan produk dan membangun startup kamu. Sudah banyak dibuktikan bahwa dengan bekerja sama dengan influencer dapat lebih efisien dibanding menggunakan cara marketing lainnya. Strategi ini memang membutuhkan biaya cukup besar. Maka dari itu, kamu harus memilih influencer yang tepat dan selaras dengan brand.
Ini merupakan strategi pemasaran dengan cara memberikan iklan yang relevan pada mereka yang telah mengunjungi situs kamu sebelumnya. Saat calon konsumen mengunjungi situsmu, kode analitis dari Google atau Facebook sudah tertanam di cookies. Kali berikutnya mereka membuka internet, mereka akan menemukan iklan produkmu. Maka dari itu, cara ini dianggap sangat efektif.
Banyak calon konsumen yang sudah terpikir untuk membeli suatu produk, tetapi masih ragu dan butuh diyakinkan. Jika iklannya ditampilkan terus-menerus, mereka akan lebih yakin membeli produk yang ditawarkan dan menjadi konsumen dengan melakukan transaksi.
Setelah membaca tulisan di atas, kamu tentunya sudah mengerti tentang digital marketing pada start up. Namun tak sampai di situ, ternyata digital marketing tak lepas dari hadirnya marketing technology loh! Ayo cari tahu bagaimana marketing technology bisa mempermudah strategi marketing Anda!