Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Sukseskan Bisnis Online dengan Local SEO

Sukseskan Bisnis Online dengan Local SEO

December 26, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Pastinya semua ingin bukan jika bisnis lebih dikenali pengguna internet? Terutama selalu bisa tampil di halaman depan pencarian. Salam satu teknik marketing untuk mendapatkan visibilitas tersebut yaitu dengan local SEO. Sebuah metode optimasi yang terbukti ampuh.

Teknik optimasi tersebut memaksimalkan pencarian lokal yang dilakukan oleh para user. Ketika pengguna mengetikkan kata kunci dan ingin menelusuri hal-hal di dekatnya, maka akan diberikan hasil sesuai lokasi terdekat. Dan disinilah, SEO lokal akan bekerja.

Tapi untuk mengoptimasi teknik ini perlu beberapa cara. Mulai dari melakukan riset, membangun kualitas dari dalam dan luar, hingga review dari pelanggan yang penting jadi perhatian. Berikut keterangan lengkapnya.

Apa Itu Local SEO?

SEO lokal merupakan satu dari banyaknya teknik Search Engine Optimization yang punya peran penting untuk mengembangkan bisnis lokal. Teknik tersebut merupakan upaya untuk mengoptimalkan website bisnis, terutama pada mesin telusur lokal. Jadi visibilitasnya dapat meningkat, ketika user melakukan search di lokasi terdekat.

Prakteknya seperti ini, misalkan pengguna internet mencari mie ayam dengan memasukkan keyword “penjual mie ayam terdekat.” Maka mesin pencari akan memberikan hasil berupa jejeran penjual yang lokasinya berada di sekitar user. Inilah tujuan SEO lokal, agar bisnis dapat masuk ke daftar jejeran tersebut.

Kenapa teknik optimasi ini diperlukan bagi para situs bisnis? Karena data Google sudah menunjukkan jika lebih dari 40 persen user-nya menggunakan pencarian lokal. Dan dari pencarian tersebut, 30 persennya berpotensi untuk melakukan pembelian.

Local SEO strategy membantu bisnis lebih menonjol di hasil mesin pencari. Hal ini juga imbas keuntungan meningkatnya penggunaan mesin telusur lokal dengan Google serta pencarian organik memakai keyword tertentu. User akan terdorong untuk memilih bisnis dengan lokasi paling dekat darinya.

Sebenarnya metode optimasi ini adalah gabungan dari teknik-teknik lain. Jika dioptimalkan, bisa meyakinkan mesin pencari, terutama Google bahwa bisnis terdekat dengan pengguna akan ditampilkan sesuai lokasi. Tentunya bukan hanya kedekatan, tapi juga yang unggul dan relevan.

Pada hasil pencarian pada penelusuran lokal yang dilakukan pengguna, biasanya menampilkan informasi bisnis secara lengkap. User akan menemukan produk atau jasa yang dijual, alamat, beserta jam operasional. Pengguna pun dapat menemukan bisnis, terhubung dan menyukainya, hingga diteruskan dengan pembelian.

Jadi kesimpulannya, local SEO services merupakan teknik yang harus dioptimalkan jika visibilitas bisnis ingin meningkat. Terutama menonjol dalam pencarian di lokasi terdekat. Sebab saat ini lebih sering user internet menggunakan mesin telusur lokal.

6 Langkah Mudah untuk Optimasi Local SEO

Agar memberikan keuntungan pada bisnis, apa yang harus dilakukan agar teknik local SEO optimization dapat berjalan? Langkah optimasi perlu diterapkan baik dari dalam maupun luar website bisnis. Untuk lebih mengenai langkah-langkah optimasi ini, simak uraiannya:

1. Lengkapi Profil Google My Business

Pada dasarnya, metode local SEO ini tidak hanya berjalan di Google saja. Bisa juga diterapkan pada platform-platform lain. Tapi karena Google masih difavoritkan pengguna internet, jadi lebih bagus dioptimalkan di mesin pencari ini.

Langkahnya dimulai dengan melengkapi verifikasi bisnis pada platform Google My Business. Saat pendaftaran, lengkapi profil mulai dari atribut yang ditawarkan, kontak, alamat, kategori, hingga foto-foto pendukung. Jika masih ada kekurangan informasi, maka dapat melakukan penyuntingan.

Cara optimasi ini akan membantu bisnis ikut tampil dalam Google SnackPack. Itu adalah hasil di halaman atas yang diberikan ketika user menggunakan mesin telusur lokal. Isinya berupa titik lokasi yang paling dekat dengannya dan disusul daftar bisnis yang relevan.

2. Riset Keyword

Langkah selanjutnya yaitu dioptimalkan dengan melakukan riset keyword. Bukan hanya riset sederhana, tapi dilakukan menyeluruh. Karena hasil kata kunci tersebut berguna bagi pengembangan bisnis di internet.

Gunakan SEO tools untuk membantu identifikasi kata kunci, seperti Google Trends. Caranya dengan memasukkan keyword sesuai bisnis pada alat riset. Selanjutnya bisa atur tren pencarian pada rentang waktu tertentu dan melihat lokasi mana yang paling sering memakai keyword tersebut.

Hasil riset berguna jika mungkin ingin melakukan ekspansi. Karena tahu bahwa di wilayah tersebut kata kunci untuk bisnis tertentu tengah jadi tren. Keyword juga dapat dioptimalkan dengan memasukkan ke deskripsi Google My Business atau beberapa konten lokal yang relevan.

3. Lakukan On-Page SEO

On Page SEO juga termasuk teknik optimasi selain lokal SEO. Metode optimasi On-Page bertujuan membantu search engine dalam memahami suatu konten website. Jadi, website lebih mudah teridentifikasi oleh mesin pencari. Untuk selanjutnya akan dimunculkan pada pencairan lokal dengan hasil relevan.

Teknik On-Page dapat dimaksimalkan dengan beberapa cara. Langkah ini lebih banyak dilakukan dari sisi internal website. Contohnya memaksimalkan konten dan menyisipkan keyword pada beberapa bagian, seperti meta deskripsi, heading, serta URL.

4. Membangun Link

Perlu diketahui, kalau popularitas website itu dapat diperkirakan melalui skor pada Domain Authority (DA) maupun Page Authority (PA). DA dipakai untuk memprediksi seberapa dibutuhkannya web oleh user, sedangkan PA menunjukkan peringkat halamannya. Skor DA dan PA dapat naik salah satunya ditentukan oleh tingginya jumlah tautan dari website lain.

Apabila link yang diperoleh banyak, otomatis Domain Authority pun juga akan baik. Inilah alasan pentingnya membangun link. Cara melakukannya yaitu dengan memperoleh link dari industri yang relevan atau website lokal.

Bisa dengan menawarkannya kepada situs partner atau vendor. Tapi tentunya tidak dapat asal sebar. Buatlah link berkualitas dari situs relevan dan yang memiliki authority tinggi.

5. Tambah NAP Citations

Langkah optimasi lokal SEO yang dapat dilakukan berikutnya adalah menambah NAP Citations. Jika belum tahu, ini adalah kutipan bio bisnis yang biasa ditampilkan di internet. Format umumnya yaitu berupa nama bisnis, nomor telepon, dan alamatnya.

NAP Citations menjadi faktor bisnis dikatakan relevan pada mesin telusur lokal. Usaha semakin eksis jika bionya lebih sering muncul. Tapi syaratnya informasi yang diberikan harus sama di semua platform. Jika lokasi bisnis berada di alamat A, maka itu yang harus selalu dipakai.

NAP Citations dapat ditambahkan ke banyak tempat. Contohnya kalau mencantumkan alamat A di Google My Business, maka yang ditampilkan di media sosial juga sama. Anda juga bisa menambahkan bisnis Anda di Google Maps untuk mempermudah pencantuman alamat. Platform lain yang perlu diberikan bio seperti web listing dan marketplace.

6. Perhatikan Setiap Ulasan Konsumen

Langkah terakhir yaitu dengan memperhatikan setiap review yang diberikan oleh konsumen. Kolom ulasan di beberapa platform, terutama Google My Business itu menjadi media interaksi juga pemberian rating dari pelanggan. Jika rating bagus, maka akan mempengaruhi minat calon pembeli lain.

Bukan hanya untuk tujuan meningkatkan reputasi saja. Tapi ternyata keberagaman ulasan tersebut menjadi acuan yang turut dipertimbangkan oleh lokal SEO. Jadi semakin banyak dan bagus review, tambah optimal pula hasilnya.

Demikian penjelasan tentang teknik local SEO. Pemilik usaha yang dapat mengoptimalkan teknik tersebut, akan membuat bisnisnya makin eksis. Terutama dengan ditampilkannya pada setiap penelusuran lokal yang dilakukan user.

Selain itu, local SEO adalah strategi terbaik untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak pendapatan. Bersama Pipeline, kami siap membantu Anda dengan strategi SEO lokal Anda. Hubungi kami sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down