Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Optimalkan Halaman Web Secara Maksimal dengan SEO On Page

Optimalkan Halaman Web Secara Maksimal dengan SEO On Page

December 21, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Bagi para pemula yang baru mulai membangun website tentu masih belum paham mengenai SEO on page. Padahal optimasi on page SEO memiliki fungsi dan keberadaan teknik yang berpengaruh pada peringkat website. Terlebih lagi jika optimasi dilakukan dengan maksimal, maka peringkat teratas bisa didapatkan.

Namun bagi sebagian besar pemula, teknik cara kerja SEO on page memang terbilang sulit dan rumit untuk dikerjakan. Namun, sebenarnya jika dipelajari lebih lanjut, teknik yang ada di dalamnya sangat mudah untuk diterapkan. Untuk informasi lebih lengkap, simak berikut ini ulasannya yaitu:

Apa Itu SEO On Page?

Teknik atau praktik yang dilakukan untuk melakukan optimasi sebuah halaman website disebut juga dengan SEO On Page. Teknik ini tentu dilakukan untuk membuat peringkat tertinggi dibandingkan dengan website lainnya. Selain itu juga bisa mendapatkan traffic tertinggi di mesin pencarian Google.

Tidak hanya itu saja, SEO juga dapat melakukan publikasi konten yang relevan dan berkualitas. Biasanya pada laman SEO akan berisikan optimasi tag judul, tautan internal hingga URL serta gambar. Termasuk juga di dalamnya memastikan bahwa situs web berkualitas.

Untuk yang baru mengenal SEO tentu diharapkan untuk mempelajari dan membaca banyak hal terkait on page ranking. Mengingat banyaknya perubahan yang terjadi dalam beberapa tahun. Tentu teknik dan praktik baru pun harus dipelajari.

Mengapa SEO On Page Penting?

Berdasarkan pengertian sebelumnya, SEO on page adalah faktor penting dalam hal mengoptimalkan situs web untuk visibilitas mesin pencari. Ini mengacu pada konten, struktur, dan desain halaman web individu. Dengan mengoptimalkan setiap halaman di situs web untuk kata kunci tertentu, bisnis dapat meningkatkan peringkat mereka di halaman hasil mesin pencari (SERP).

SEO pada halaman membantu mesin pencari untuk memahami tentang apa situs web Anda dan seberapa relevannya konten SEO yang dibuat dengan kueri pengguna. Selain itu, ini juga dapat membantu meningkatkan jumlah traffic organik yang mengunjungi situs web Anda. Dengan memastikan setiap halaman web berisi kata kunci yang tepat sesuai dengan dasar-dasar SEO, Anda dapat menargetkan pelanggan baru dan memastikan bisnis Anda lebih sering muncul di SERP.

Cara Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO On Page

Menjadi salah satu bagian terpenting dalam sebuah website, tentu wajar saja jika banyak yang mengulas cara mengoptimasi SEO On Page untuk website. Untuk dapat menerapkan dan mengoptimasikannya pada lama konten tentu ada caranya. Berikut beberapa cara untuk optimasi yang dapat dilakukan yaitu:

1. Konten yang Berkualitas

Cara optimasi yang pertama yaitu dapat dilakukan dengan mengunggah konten-konten yang berkualitas. Hal ini disebabkan banyak para pengguna yang mengandalkan Google sebagai mesin pencariannya. Jika konten yang dibuat berkualitas, dan dipahami Google, maka bisa menjadi topik yang direkomendasikan.

Beragam pertanyaan seputar hal menarik pun akan ditanyakan oleh pengguna lewat mesin pencarian. Selain itu kualitas dan gaya menulis yang unik juga bisa ditampilkan. Biasanya Google akan membuat kerangka kerjanya sendiri yang dipakai untuk melakukan penilaian.

Nama perangkat kerjanya yaitu EAT yang bisa melakukan penilaian pada pembuat konten, laman serta situs web keseluruhan. Mengingat sistem kerja Google yang selalu mengutamakan kualitas. Hal ini dikarenakan pihaknya yang selalu memastikan bahwa konten berkualitas dengan peringkat teratas.

2. Membuat Judul yang Menarik

Selanjutnya cara optimasi SEO on-page dapat dilakukan dengan membuat judul yang menarik. Pastikan ketika pengguna mencari informasi lewat Google yang tampil adalah judul dari artikel konten yang dibuat. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Google memahami konten yang dibuat sebelumnya.

Peran pembuatan judul dalam sebuah artikel atau konten juga akan membantu Google untuk memahami isi konten yang dibuat. Jangan lupa tag title HTML yang terdapat  pada laman web disematkan. Hal tersebut akan menjadi salah satu isyarat awal dari masing-masing topik artikel atau kontennya.

3. Meta Deskripsi

Manfaat SEO On page tentu sangat layak untuk diperhitungkan pada sebuah laman situs website. Salah satunya yaitu dengan melakukan optimasi menggunakan meta deskripsi terkait halaman tertentu. Membuat tampilan dalam SERP pada bawah judul halaman sering muncul.

Hal ini tentu karena pengaruh dari meta deskripsi  yang sangat membantu dalam meningkatkan laman website. Biasanya rasio klik tayang atau CTR akan meningkat dan persepsi kualitas pun baik. Selain itu persepsi akan apa yang ditawarkan oleh web bisa terlihat.

4. Heading dan Subheading

Keuntungan SEO On page tentu menjadi daya pikat tersendiri bagi para pengembang situs website. Pasalnya optimasi yang dapat dilakukan pun cukup beragam. Contohnya yaitu dengan penggunaan heading dan subheading yang dipakai untuk mengidentifikasi judul dan sub judul.

Selain itu kehadiran tag heading juga tidak terlalu penting untuk sebuah peringkat  dalam website. Namun tag masih mempunyai fungsi dan peranan yang penting bagi SEO. Membuatnya secara tidak langsung bisa mempengaruhi ranking.

Memungkinkan konten artikel yang dibuat pun akan sangat mudah ditemukan oleh para pengunjung. Namun hal ini dapat terjadi asalkan konteks yang dimuat memiliki kata kunci penting. Membuat pencarian konten yang muncul akan mudah direkomendasikan Google.

5. Penulisan SEO

Teknik dalam SEO On page yaitu memastikan bahwa konten yang dibuat berkualitas dengan penempatan kata kunci yang tepat. Optimasi pun dapat dilakukan dengan memahami penulisan SEO yang mempertimbangkan mesin pencarian. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan strategi penulisan yang solid.

Pastikan untuk melakukan produksi konten dengan mempertimbangkan kata kunci dan riset sebelumnya. Jika konten yang dibuat tanpa ada pertimbangan, maka website pun tidak akan berhasil. Tempatkan diri sebagai pengunjung yang butuh akan konten berkualitas, bukan asal membuat konten saja.

6. Optimasi Gambar

Proses memasukkan gambar adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menjadikan website lebih menarik. Namun setiap gambar yang disematkan tentu harus layak dan berkualitas. Mengingat optimasi gambar yang dapat membantu aset dalam SEO menjadi sangat bernilai.

Biasanya optimasi gambar yang dilakukan akan memperoleh banyak keuntungan. Sebagai contoh yaitu meningkatkan peluang penelusuran hasil pencarian berada di peringkat teratas Google, pengalaman terbaik bagi pembaca, dan masih banyak lainnya. Pastikan jufa bahwa gambar yang dimuat memiliki relevansi dan mendukung konten yang dibuat sebelumnya.

7. Audit Konten

Terakhir, cara optimasi yang bisa diterapkan yaitu dengan audit konten yang berfokus pada pembuatan konten. Hal ini biasanya kerap terlupakan karena pengguna yang lebih mengutamakan hadirnya konten baru. Padahal proses audit konten adalah hal terpenting yang harus dilakukan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya konten yang dimuat bisa memperoleh evaluasi dari ROI. Selain itu, identifikasi terkait informasi konten akurat atau tidaknya bisa diketahui lewat audit. Membuat strategi yang terdapat di dalamnya pun jadi lebih teratur.

Ulasan terkait SEO On Page menarik bukan? Setelah melakukan optimasi pada on page, jangan lupa juga untuk mengoptimasi off page SEO Anda. Pipeline Growth Marketing Agency bersedia membantu Anda dalam merencanakan strategi SEO on page, SEO off page, atau strategi SEO lainnya. Hubungi kami segera dan mulai dengan konsultasi gratis.

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down