Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Datangkan Organic Growth Pada Bisnismu Dengan 5 Cara Ini!

Datangkan Organic Growth Pada Bisnismu Dengan 5 Cara Ini!

October 28, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang adalah impian utama semua pelaku bisnis. Untuk melihat perkembangannya dari waktu ke waktu, ada yang disebut sebagai organic growth. Secara harfiah, organic growth adalah pertumbuhan alami dari sebuah perusahaan. Kata “alami” di sini berarti bersumber dari internal perusahaan sendiri dan bukan hasil kerja sama dengan pihak lain.

Umumnya, organic growth example disajikan dalam bentuk metrik kerja yang menunjukkan seberapa besar pendapatan dan perkembangan perusahaan dalam waktu tertentu. Misalnya per bulan atau per 3 bulanan.

Oleh karena berasal dari dalam perusahaan sendiri, organic growth membutuhkan penggunaan keahlian, kemampuan, keterampilan, pengalaman, dan visibilitas merek yang efektif dan efisien. Hal ini tergantung pada kemampuan perusahaan dalam memperluas bisnisnya pada pelanggan yang sudah ada dan menambah konsumen baru.

Selain menunjukkan perkembangan internal, pertumbuhan organik juga mencerminkan kualitas kepemimpinan dan komitmen perusahaan terhadap tujuan pembangunan jangka panjang (long term). Agar lebih memahami seluk-beluk perkembangan organik ini, yuk baca artikel berikut.

Apa Itu Organic Growth?

Organic growth atau pertumbuhan organik adalah perkembangan atau kemajuan perusahaan yang memaksimalkan sumber daya internal tanpa kerja sama dengan pihak luar, termasuk perusahaan lain. Pertumbuhan ini mencerminkan kualitas manajemen, kepemimpinan dan juga komitmen perusahaan terhadap target bisnis yang sudah dicanangkan sebelumnya.

Karena memanfaatkan kekuatan internal, jika ingin mendapatkan organic growth yang baik maka perusahaan harus memaksimalkan segenap upaya mulai dari skill hingga marketing strategy mencapai perkembangan lebih signifikan. Perkembangan organik yang menuju arah positif atau lebih baik dari waktu ke waktu memberikan cukup banyak manfaat bagi perusahaan.

Misalnya saja peningkatan output dimana perusahaan perlu mengenali pangsa pasar mana yang mau membayar atau menggunakan produk yang ditawarkan. Manfaat lainnya adalah perluasan basis pelanggan. Jika cakupan atau jumlah pelanggan lebih banyak secara otomatis angka penjualan akan meningkat yang akan memengaruhi organic growth perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Cara Mendatangkan Organic Growth

Cara Mendatangkan Organic Growth

Pertumbuhan organik tidak bisa datang begitu saja, apalagi segalanya bersumber dari kekuatan perusahaan sendiri atau internal. Itu artinya, perusahaan perlu berusaha keras supaya grafik pencapaian terpantau naik dari berbagai aspek mulai dari keuntungan, penjualan, cakupan pasar, distribusi barang, kinerja karyawan dan lain sebagainya. Ini adalah sebuah misi menantang karena jika ingin melihat organic growth maka bantuan dari luar tidak boeh dihitung agar hasilnya murni dari perusahaan sendiri.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendatangkan organic growth ini adalah:

Investasikan Strategi Pembuatan Konten dalam Jangka Panjang

Tentunya Anda masih ingat dengan inbound marketing yakni cara pemasaran menggunakan konten kreatif, inovatif dan informatif yang berguna bagi pelanggan sehingga nantinya konsumen akan menyadari dengan sendirinya bahwa mereka membutuhkan produk dari perusahaan tersebut. Awareness seperti inilah yang membuat pelanggan lebih loyal dan berkualitas dimana repurchase menjadi sangat dimungkinkan yang akan memberikan andil dalam peningkatan penjualan dan profit.

Pemasaran efektif dan jangka panjang seperti ini membutuhkan yang disebut dengan investasi pembuatan konten jangka panjang. Kreatifitas dan pengenalan produk yang ditawarkan secara menyeluruh dan detail akan membantu perusahaan membuat konten menarik yang bisa menggaet lebih banyak pelanggan.

Investasi yang tidak sedikit dengan menggelontorkan dana perusahaan ke divisi terkait bisa dilakukan selama karyawan yang mengisi posisi tersebut kompeten sehingga bisa memberikan karya terbaiknya untuk memajukan perusahaan dari sektor konten kreatif.

Eksperimen Dengan Tren dan Strategi

Salah satu hal yang dapat mematikan perusahaan secara perlahan namun pasti adalah tidak mau keluar dari zona nyaman. Sehingga terus melakukan metode yang sama kendati sudah ketinggalan zaman atau tidak relevan dengan kebutuhan pasar. Sebagai perusahaan yang ingin meraih organic growth in business yang baik, Anda harus melek tren yangs sedang happening di tengah masyarakat atau target pasar.

Jangan takut bereksperimen dengan strategi dan tren baru yang disukai banyak orang karena itu akan menjadi waktu yang tepat untuk menggaet pelanggan baru yang mengikuti perkembangan zaman. Jika khawatir dengan resiko di belakangnya, ada baiknya untuk memelajari tren tersebut terlebih dahulu agar memahami sisi positif dan negatifnya untuk perusahaan.

Perlu ditekankan bahwa tidak ada strategi yang menguntungkan 100%. Tapi, Anda selalu bisa memilih strategi dan tren yang memberikan kerugian paling kecil sehingga organic growth tetap bisa diraih.

Buatlah Strategi

Strategi penjualan dan pemasaran seperti apa yang cocok dengan perusahaan? Anda sendirilah yang mampu menjawabnya berdasarkan karakteristik produk dan juga target pasar atau segmentasi konsumen yang dituju. Penentuan strategi ini juga perlu dilakukan berdasarkan tren, mengingat pasar bersifat dinamis. Sehingga jika terlalu bermain aman dengan bertahan di zona nyaman, kemungkinan pencapaian yang stagnan bisa terjadi.

Jika tidak yakin dengan strategi terbaik yang akan digunakan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan biro atau siapapun yang ahli di bidang ini. Jika melibatkan konsultan marketing, Anda mungkin akan mengeluarkan lebih banyak uang perusahaan.

Namun, hal ini akan sebanding dengan hasil yang didapatkan karena setidaknya ada 2 keuntungan menanti: kemampuan karyawan meningkat berkat konsultan yang siap membimbing, dan angka penjualan merangkak naik karena strategi jitu yang digunakan.

Bangun Hubungan

Membangun hubungan yang bagus ke dalam dan luar perusahaan akan berpengaruh pada pertumbuhan organik perusahaan. Hubungan ke dalam adalah menjalin relasi kerja yang baik dengan para karyawan karena mereka adalah ujung tombak perusahaan.

Berikan penghargaan yang layak saat mereka menunjukkan prestasi kerja yang membanggakan. Sediakan program pengembangan diri yang dapat membantu mereka memiliki kemampuan yang lebih baik lagi. Lalu, jangan lupa untuk memberi teguran dan kritik membangun jika terjadi kesalahan.

Sedangkan hubungan keluar perusahaan adalah relasi dengan customer, baik yang sudah bertahun-tahun setia dengan brand perusahaan maupun calon konsumen baru. Membangun hubungan yang baik dengan mereka akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan membuat mereka lebih loyal.

Gunakan Teknologi

Terakhir adalah jangan ragu menggunakan teknologi, baik untuk pemasaran, penjualan atau aspek lainnya. Hidup di masa modern seperti sekarang tidak bisa lepas dari teknologi dan dunia digital. Jika Anda keukeuh menggunakan cara lama dengan minim teknologi, jangan kaget bila para pesaing akan dengan mudahnya menjatuhkan perusahaan Anda.

Jika masih minim pengetahuan tentang teknologi ini, belajarlah. Kirim karyawan terbaik untuk memelajari teknologi yang bisa digunakan untuk mendukung organic growth. Investasi semacam ini tidak akan membuat perusahaan bangkrut tapi justru lebih berkembang secara organik. Karena pada akhirnya, perusahaan punya kekuatan yang mumpuni untuk mengembangkan dirinya sendiri tanpa bantuan dari perusahaan lain.

Setelah memahami pengertian organic growth dan cara mendatangkannya melalui lima cara di atas. Anda bisa dengan yakin menggunakan jasa Pipeline untuk melakukannya dengan lebih efektif dan efisien. Pipeline adalah growth marketing agency yang siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan menggabungkan strategi pemasaran digital, data analitik, dan teknologi. Konsultasi gratis dengan kami sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down