Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Capai Tujuan Bisnis Perusahaan dengan Konsultan Marketing

Capai Tujuan Bisnis Perusahaan dengan Konsultan Marketing

April 5, 2024  •    •  Rista Fathika Anggrela
Dalam era yang dipenuhi dengan persaingan bisnis yang semakin ketat, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif menjadi kunci keberhasilan bagi setiap perusahaan. Konsultan marketing hadir sebagai mitra yang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya dengan lebih efisien dan efektif. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi peran penting konsultan marketing dalam membantu perusahaan meraih kesuksesan dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Pentingnya Konsultan Marketing bagi Bisnis

Konsultan pemasaran adalah aset berharga bagi setiap bisnis. Mereka adalah ahli yang ditugaskan untuk membantu, merancang, mengembangkan, dan menerapkan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dikenal juga sebagai konsultan pemasaran, peran mereka sangat vital dalam mengetahui tren terkini dalam dunia pemasaran.

Tugas-tugas konsultan pemasaran meliputi riset, perencanaan strategi, implementasi, dan evaluasi strategi pemasaran baik secara online maupun offline. Biasanya, mereka bekerja tanpa kontrak resmi, sehingga beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan jasa konsultan pemasaran daripada merekrut karyawan baru. Anda dapat menemukan jasa konsultan pemasaran melalui lembaga outsourcing atau mereka yang bekerja secara independen sebagai freelancer dengan mendirikan bisnis mereka sendiri. Dengan dukungan konsultan pemasaran yang tepat, bisnis dapat mencapai hasil yang lebih optimal dalam hal pemasaran dan pertumbuhan.

Tanggung Jawab Konsultan Marketing

Bagi seorang konsultan marketing, penting untuk mengetahui tren yang luas. Karena klien selalu berekspetasi tinggi atas jasa seorang konsultan pemasaran. Selain membuat strategi terbaik, konsultan pemasaran juga harus mempresentasikan hasil kinerja ke para jajaran direksi perusahaan.
Tanggung jawab pertama yang wajib konsultan pemasaran miliki adalah menciptakan dan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai dengan maksimal. Mereka juga harus mampu mengidentifikasi dan menyusun pesan untuk keperluan pemasaran yang digunakan oleh klien di berbagai platform. Konsultan pemasaran biasanya juga memiliki tanggung jawab melakukan sebuah penelitian terhadap tren pasar.
Tak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk membantu tim marketing perusahaan. Biasanya, konsultan pemasaran akan memberikan nasihat atau saran maupun solusi marketing, mengadakan seminar marketing kepada staf, merancang kuesioner dan penelitian tingkat kepuasan pelanggan, hingga menanggapi beberapa interaksi pelanggan dan perusahaan melalui sosial media atau platform lainnya.
[cboxarea id="cbox-WyHApVz9AIsYzgeB"]

Skill dan Kualifikasi Konsultan Marketing

tanggung jawab dan skill Konsultan Marketing

Ketika perusahaan mencari konsultan marketing, mereka mencari seseorang yang memiliki kemampuan dan kualifikasi yang sesuai untuk membantu mencapai tujuan bisnis mereka. Skill dan kualifikasi yang dimiliki konsultan marketing sangatlah penting untuk menjamin kesuksesan kerjasama tersebut. Berikut skill dan kualifikasi pada penjelasan di bawah ini yang harus seorang konsultan pemasaran miliki.

Pakar Pemasaran

Keahliaan utama yang wajib dimiliki oleh konsultan marketing adalah pengetahuan yang luas tentang dunia pemasaran. Sesuai namanya konsultan pemasaran, maka mereka harus ahli dalam bidang pemasaran. Konsultan pemasaran harus mampu terus mengembangkan diri pada bidang yang dikuasai.
Berkaitan dengan hal tersebut, mereka juga harus memiliki pengetahuan secara mendalam mengenai media sosial. Hal ini penting untuk membangun citra produk ataupun jasa dan sebagai sarana berinteraksi perusahaan dengan pelanggan. Melalui media sosial juga, konsultan bisa menggunakannya untuk menjalankan survei pasar dan membantu perusahaan menentukan keputusan terbaik.
Selain itu, ada pengetahuan lainnya yang dibutuhkan marketing consultant terkait pengembangan konten. Seorang konsultan juga harus mengerti tentang SEO untuk proses optimasi segala aspek dalam situs agar memiliki peringkat baik di mesin pencarian. Juga skill SEM atau Search Engine Marketing untuk pemasaran online di internet dengan cara meningkatkan visibilitas situs pada halaman pencarian.

Skill Copywriting

Pengetahuan mendalam yang berkaitan dengan pakar pemasaran tersebut, juga menuntut konsultan pemasaran untuk memiliki skill copywriting. Biasanya perusahaan akan meminta para konsultan untuk bisa menangani langsung kepenulisan materi pemasaran di platform atau situs yang dimiliki.
Makanya, konsultan marketing harus memiliki keahlian copywriting. Di sisi lain, perusahaan juga menjual kemampuan dengan keahlian penulisan kreatif dan persuasif ini Mengingat skill copywriting juga berkaitan dengan pengetahuan akan SEO dan SEM, serta pengembangan konten dan menjual tulisan copywritng melalui media sosial.
Skill ini saling berkaitan dan harus dimiliki oleh konsultan marketing. Kemampuan copywritting ini bisa terus diasah dengan melihat berbagai tulisan copywriting di media sosial atau milik perusahaan lain yang sudah di publish di media sosial, supaya skill ini bisa semakin berkembang.

Skill Leadership

Ketika Anda sudah dipekerjakan, tugas konsultan pemasaran adalah memimpin segala proses pemasaran yang telah disiapkan perusahaan. Nantinya, Anda akan menjadi pemimpin berbagai divisi dan tim dengan perspektif dan opini yang beragam. Oleh karenanya, skill leadership atau kepimpinan menjadi keahlian berikutnya yang harus diliki oleh seorang konsultan marketing.
Anda harus memiliki kemampuan leadership yang bagus supaya bisa menyatukan berbagai visi dan misi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Kemampuan leadership ini menuntun Anda untuk bisa mengambil keputusan dan penyelesaian masalah. Tentunya Anda harus memiliki sikap tegas sebagai leader dalam mengarahkan dan memutuskan berbagai pendapat yang dimiliki orang-orang lainnya.
Sebagai pemimpin yang baik, Anda juga harus menjadi panduan bagi rekan kerja lainnya tentang nasihat dan inovasi. Serta menginspirasi rekan kerja untuk terus maju dan mengambil langkah yang tepat di bidang pemasaran.

Keahlian Public Speaking

Salah satu tugas konsultan marketing adalah mempresentasikan hasil penelitian dan strategi marketing kepada klien atau perusahaan. Makanya, skill berikutnya yang harus dimiliki konsultan pemasaran adalah public speaking. Mereka kerap kali diminta untuk mengadakan seminar di sebuah perusahaan dan lembaga pendidikan terkait ilmu yang dimiliki.
Selain itu, keahlian yang masih berkaitan dengan public speaking ini juga berkaitan dengan pelanggan. Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan juga akan memperlancar hubungan Anda dengan mereka untuk memberikan layanan terbaik. Selain membangun citra perusahaan, penting bagi Anda untuk berperan dalam menjembatani pelanggan dengan perusahaan.

Latar Belakang Pendidikan

Kualifikasi yang harus dimiliki konsultan marketing yaitu latar belakang pendidikan yang terkait dengan skill di atas. Konsultan pemasaran memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan strategi komunikasi dan pemahaman mengenai kepribadian manusia. Karena itu, seorang calon konsultan marketing biasanya diharuskan memiliki ijazah dari prodi manajemen, komunikasi, periklanan atau psikologi.

Percepat Pertumbuhan Bisnis Anda dengan Pipeline

Pipeline Marketing Teknologi bukan hanya sekadar growth marketing agency, tapi juga bisa menjadi mitra konsultan marketing yang siap membantu mengembangkan bisnis Anda sesuai kebutuhan. Kami menawarkan solusi yang tepat dan disesuaikan dengan situasi Anda.

Jangan ragu untuk konsultasi sekarang juga, GRATIS!

Cari tahu bagaimana Pipeline Marketing Teknologi berhasil membantu perkembangan bisnis dengan meningkatkan organic traffic hingga 185.33% menggunakan seach engine optimization (SEO).

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down