Free Consultation

Pahami Apa Itu Market Penetration Sebelum Memulai Bisnis

November 3, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Jika ada satu hal yang sangat krusial ketika membuka bisnis atau meluncurkan produk baru, itu adalah kemungkinannya diterima oleh pasar. Angka kemungkinan ini akan menentukan seberapa besar probabilitas keberhasilan penjualan produk, dan inilah yang disebut sebagai market penetration atau penetrasi pasar.

Walaupun memang tidak menjamin keberhasilan penjualan 100%, namun penetrasi pasar dapat memberikan prediksi sejak awal yang juga menjadi pertimbangan resiko untuk memproduksi suatu barang dalam skala tertentu.

Selain memperkirakan keberhasilan penjualan produk di pasaran, market penetration juga menjadi basis untuk menentukan strategi pemasaran dan penjualan yang paling sesuai dengan karakteristik pasar dan juga produk yang ditawarkan. Dengan dua poin tersebut, dapat dilihat bahwa market penetration memegang peranan yang penting dalam keberhasilan penjualan produk baru.

Apa Itu Market Penetration (Penetrasi Pasar)?

Tidak ada jaminan bahwa bisnis baru yang dijalankan akan menuai keuntungan tertinggi karena potensi kerugian selalu ada. Namun, sebenarnya sejak awal perusahaan dapat memperkirakan apakah produk yang dipasarkan akan diterima oleh target pasar dengan baik melalui strategi market penetration. Disebut juga sebagai penetrasi pasar, market penetration adalah cara mengukur seberapa banyak sebuah produk atau jasa digunakan oleh para konsumen dibandingkan dengan jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan tersebut.

Contoh penetrasi pasar adalah, jika diperkirakan ada 100 orang yang akan menggunakan barang atau jasa yang diproduksi dan perusahaan mampu menjual sebanyak 30 unit, maka tingkat penetrasi pasarnya adalah 30%. Perlu dipahami bahwa semakin tinggi angka penetrasi pasar, maka akan semakin baik.

Dengan mengetahui angka tersebut, perusahaan dapat menentukan langkah selanjutnya supaya angka penetrasi pasar ini bisa meningkat dan membawa keuntungan yang lebih banyak bagi perusahaan. Dalam konteks ini, penetrasi pasar adalah basis atau dasar untuk menggunakan salah satu strategi tertentu demi meningkatkan penjualan.

Mengapa Market Penetration Penting?

Manfaat penetrasi pasar yaitu mengetahui potensi keberhasilan penjualan dengan melihat seberapa banyak produk atau layanan yang bisa terjual di target pasar. Mengetahui tingkat market penetration sangat penting jika ingin dapat bersaing dengan perusahaan lain yang mungkin memiliki komoditas yang sama.

Memang tidak ada jaminan sebuah perusahaan akan mendulang untung yang besar dalam setiap bisnisnya. Namun, kerugian telak akibat tidak laku di pasaran bisa dicegah dengan mengetahui prediksi dan potensi keberhasilannya menembus pasar yang dituju menggunakan penetrasi pasar.

Apalagi jika sejak awal Anda mengetahui perusahaan besar apa saja yang mungkin menjadi rival kuat. Maka menjalankan penetrasi pasar menjadi penting untuk dilakukan agar dapat mengetahui kapasitas bisnis sendiri. Dan yang lebih vital lagi adalah penetrasi pasar membantu menentukan strategi penjualan atau pemasaran terbaik untuk diterapkan.

Cara Menyusun Strategi Market Penetration

Cara Menyusun Strategi Market Penetration

Sekarang pasti sudah tahu kan, apa itu market penetration dan pentingnya untuk keberhasilan bisnis yang dijalankan? Mengingat perannya yang signifikan dalam memprediksi kemampuan bisnis, berikut cara menyusun strategi penetrasi pasar perlu agar hasilnya lebih baik dan meningkat dari waktu ke waktu.

Meningkatkan Promosi Penjualan

Strategi penetrasi pasar adalah cara agar tingkat penetrasi barang ke target pasar lebih tinggi dari waktu ke waktu yang menunjukkan kekuatan bisnis yang semakin meningkat. Nah, startegi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan promosi penjualan. Supaya cakupan pasar lebih luas, maka jumlah konsumen yang mengenal dan menggunakan produk yang ditawarkan secara otomatis harus lebih banyak pula.

Agar lebih banyak dikenal konsumen, maka promosi penjualan perlu ditingkatkan. Jika selama ini perusahaan lebih banyak menggunakan strategi promosi outbound marketing yang tidak memiliki target pasar khusus dan hanya fokus pada penjualan produk, maka cobalah sesuatu yang berbeda misalnya inbound marketing. Dengan inbound marketing, target pasar lebih jelas dan berkualitas karena yang disasar adalah konsumen yang merasa tertarik dengan produk yang ditawarkan. Startegi promosi ini juga lebih menguntungkan kini dan nanti karena umumnya konsumen yang berhasil didapatkan loyal terhadap brand perusahaan.

Menyesuaikan Harga Pasar

Penyesuaian harga juga bisa meningkatkan penetrasi pasar. Umumnya, dengan menurunkan harga akan lebih banyak konsumen membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Namun demikian, perlu dicatat bahwa penyesuaian harga tidak harus selalu menurunkan, terkadang menaikkan harga juga dapat dilakukan jika diimbangi dengan peningkatan kualitas misalnya. Hal yang terpenting adalah jangan terlalu sering melakukan penyesuaian harga karena berpotensi membuat konsumen bingung dan bahkan meragukan kualitas produk.

Memperbaiki Kualitas Produk atau Jasa

Konsumen bersedia mengeluarkan uang karena tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan harapan mereka akan mendapatkan kualitas barang atau jasa yang sesuai atau bahkan lebih dari yang mereka harapkan. Jika ingin penetrasi pasar lebih baik, maka pastikan untuk selalu melakukan perbaikan kualitas produk yang buruk. Dengan begini, konsumen akan merasa diuntungkan dan berpotensi menjadi pelanggan yang loyal. Konsumen loyal adalah aset karena pemasaran dari mulut ke mulut berasal dari sini.

Menyusun Ide Kreatif

Ide kreatif adalah kunci keberhasilan penetrasi pasar. Bukan hanya kualitas barang saja yang ditingkatkan, layanan yang diberian juga merupakan bagian dari strategi kreatif yang dijalankan. Misalnya, dengan memberikan konten menarik dan informatif tentang kelebihan produk yang ditawarkan. Bisa juga dengan memberikan konsultasi gratis untuk menentukan kebutuhan barang hingga memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Cara kreatif seperti ini akan membantu menggaet konsumen yang pada akhirnya meningkatkan penetrasi pasar.

Mengetahui Peta Distribusi Target Pasar

Mengetahui distribusi target pasar juga tidak kalah penting untuk meningkatkan penetrasinya. Dengan memahami petanya, perusahaan bisa menentukan apakah langkah promosi yang diambil sudah tepat. Sehingga cakupan pasarnya lebih luas atau malah masih jalan di tempat. Pertimbangkan pula channel distribusi yang bisa digunakan dengan efektif, misalnya lewat social media marketing, internet marketing dan lain sebagainya.

Melakukan Marketing Campaign

Marketing campaign adalah cara promosi dengan menggunakan berbagai kanal yang tersedia. Jika media cetak seperti koran, majalah dan baliho dianggap biasa dan cenderung ketinggalan zaman karena hanya satu arah, jangan ragu mencoba cara lain. Coba gunakan social media marketing, internet marketing dan lain sebagainya yang memungkinkan interaksi dua arah yang membuat konsumen merasa didengarkan dan dihargai. Inilah nantinya yang akan menggiring konsumen untuk menggunakan produk dan menjadi pelanggan yang loyal.

Melakukan Kerja Sama dengan Perusahaan Lain

Tidak selamanya kesuksesan diraih sendiri. Ada kalanya melakukan kerja sama dengan perusahaan lain justru lebih menguntungkan untuk penetrasi pasar yang lebih baik. Apalagi, jika perusahaan rekanan tersebut sudah memiliki pasar dan lebih besar daripada yang Anda miliki. Salah satu cara melakukan kerja sama ini adalah membentuk joint venture.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah bisa memahami dengan baik apa itu market penetration, peran penting, dan cara menyusun strateginya. Sebagai salah satu cara yang sering digunakan dalam growth strategy, market penetration memang mempunyai banyak kelebihan. Tapi, jangan salah! growth strategy juga memiliki strategi lain yang harus diketahui. Salah satunya adalah market development. Ayo baca artikel market development di sini!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
crossmenuchevron-down