Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Manfaatkan SEO untuk Sukseskan Pertumbuhan Bisnis

Manfaatkan SEO untuk Sukseskan Pertumbuhan Bisnis

December 20, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Tidak sedikit orang yang mempunyai anggapan bahwa SEO adalah satu cara supaya website memperoleh ranking paling atas di Google. Padahal konsep tentang SEO tersebut hanya berupa pemahaman dalam level kulitnya saja. Sehingga masih banyak sekali pemahaman lainnya jika masuk lebih dalam.

Pasalnya jika dilihat lebih jauh SEO tidak cuma berbicara mengenai ranking website. Pasalnya dalam suatu website fungsi SEO juga berhubungan dengan peningkatan kualitas maupun kuantitas dari traffic yang masuk. Berikut beberapa informasi mengenai Search Engine Optimization:

Apa Itu SEO?

SEO, singkatan dari search engine optimization, adalah proses mengoptimalkan situs web atau halaman web untuk meningkatkan visibilitasnya dalam hasil mesin pencari. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik seperti pengoptimalan kata kunci, pembuatan tautan, pengoptimalan konten, dan taktik lain yang dapat membantu meningkatkan peringkat situs web di halaman hasil mesin pencari. SEO dapat membantu situs web menjadi lebih terlihat dan menarik lebih banyak pengunjung. SEO juga dapat membantu meningkatkan tingkat konversi, serta meningkatkan lalu lintas keseluruhan ke situs.

Dengan berbekal SEO, orang akan dengan gampang menemukan suatu situs yang sedang dicari. Untuk itulah potensi akan terjadinya penyedotan traffic terjadi lebih banyak. Meskipun, masih ada beberapa orang yang bingung kenapa harus menerapkan teknik SEO Google.

Pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan cukup sederhana karena Google adalah mesin pencari yang banyak masyarakat pakai. Dari hal inilah sejumlah orang mencari jasa SEO yang mampu membuat website agar lebih maksimal performanya.

Pasalnya SEO sendiri cukup menjadi faktor penentu dalam suatu keberhasilan yang diraih oleh website. Dari fakta yang ada menyebutkan sekitar 53 persen traffic dari suatu website berasal dari SEO. Cara melakukan pencarian ini cukup memasukkan kata kunci tertentu saja.

Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis

manfaat seo search engine optimization

Penerapan SEO pada website dapat membantu meningkatkan traffic. SEO juga membantu bisnis untuk meningkatkan kehadiran online mereka dan menarik lebih banyak pelanggan potensial melalui hasil pencarian organik. Berikut beberapa manfaat SEO bagi website dan bisnis agar muncul di hasil pencarian google teratas:

1. Memudahkan Audiens Menemukan Website

Dengan menggunakan strategi SEO yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa website Anda muncul di hasil pencarian pertama. Penerapan SEO memungkinkan audiens untuk dengan mudah menemukan situs web Anda ketika mereka mencari kata kunci terkait dengan konten Anda. Selain itu, SEO juga akan membantu Anda meningkatkan traffic ke situs web Anda dan secara signifikan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pengunjung baru yang berpotensi menjadi pelanggan loyal Anda.

2. Menjaring Target Audiens Yang Tepat

Dengan mengoptimalkan situs web Anda dengan kata kunci dan konten yang relevan, Anda dapat menjangkau calon pelanggan yang secara aktif mencari produk dan layanan yang Anda tawarkan. SEO juga membantu meningkatkan visibilitas situs web Anda dalam hasil mesin pencari, sehingga lebih banyak orang cenderung menemukannya secara online.

Eksposur ini dapat membantu mendorong lebih banyak traffic ke situs Anda dan meningkatkan konversi dari pengunjung yang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Tak mengherankan jika kini jasa SEO profesional banyak dicari. Berinvestasi dalam SEO adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa orang yang tepat menemukan bisnis Anda dan memanfaatkan apa yang Anda tawarkan.

3. Membangun Brand Awareness

Salah satu manfaat utama menerapkan SEO adalah kemampuannya untuk membantu membangun brand awareness. Dengan mengoptimalkan situs web untuk hasil mesin pencari, bisnis dapat meningkatkan visibilitas mereka di ruang online, yang mengarah ke lebih banyak orang menjadi sadar akan merek mereka.

Peningkatan visibilitas ini dapat menyebabkan lebih banyak traffic web dan pelanggan potensial, yang dapat membantu membangun merek yang kuat dan dapat dikenali dari waktu ke waktu. Selain itu, strategi SEO seperti pemasaran konten dan media sosial dapat digunakan untuk lebih meningkatkan brand awareness. Karena, semakin sering website yang dikelola tampil pada kata kunci yang dicari, maka semakin besar brand awareness yang akan diperoleh.

4. Sebagai Investasi Jangka Panjang

Memahami SEO juga bermanfaat sebagai investasi jangka panjang. Dengan belajar SEO, Anda bisa membantu bisnis tetap berada di depan persaingan dengan terus mengoptimalkan situs web mereka untuk peringkat dan visibilitas yang lebih baik.

Selain itu, SEO membantu bisnis membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial dengan memberi mereka informasi yang sesuai sehingga meningkatkan kepercayaan mereka pada brand atau perusahaan. Pada akhirnya, SEO dapat memberikan pengembalian investasi yang langgeng untuk bisnis yang bersedia berinvestasi di dalamnya untuk jangka panjang.

5. Meningkatkan Penjualan dan Konversi

Search Engine Optimization, kepanjangan dari SEO, adalah alat pemasaran digital yang membantu meningkatkan penjualan dan konversi dengan meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman hasil mesin pencari. SEO menggunakan teknik untuk meningkatkan visibilitas situs web Anda di halaman hasil mesin telusur, sehingga lebih mungkin muncul ketika calon pelanggan mencari kata kunci yang relevan.

Dengan mengoptimalkan konten, membangun tautan, dan teknik lainnya, bisnis dapat meningkatkan kehadiran online mereka dan menjangkau lebih banyak prospek. Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak traffic yang relevan ke situs Anda yang akan menghasilkan lebih banyak penjualan dan konversi.

6. Membangun Top-of-Mind Brand

Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan SEO adalah membangun Top-of-Mind Brand. Ketika nantinya situs yang dimiliki berhasil menempati posisi teratas dalam Google. Bisa dikatakan bahwa situs tersebut sudah mempunyai akar yang kuat hingga sulit bergeser.

Hal ini karena kredibilitas yang dimiliki website sudah mulai terlihat buktinya. Dengan begitu konten dari website itu pun menjadi lebih gampang dipercaya oleh pengunjung.

Jenis-jenis SEO

jenis jenis seo

Berdasarkan cara kerja SEO terbagi menjadi 4 jenis yaitu on page SEO, off page SEO, technical SEO dan local SEO. Berikut penjelasan selebihnya.

1. SEO On Page

SEO On Page adalah pengoptimalan halaman individual situs web untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas yang lebih relevan di mesin pencari. Ini melibatkan pengoptimalan konten dan kode sumber HTML dari sebuah halaman. Ini termasuk pengoptimalan judul, deskripsi meta, judul, gambar, tautan internal, dan elemen lain pada halaman. SEO On Page membantu perayap mesin pencari memahami tentang apa setiap halaman sehingga dapat diindeks dan ditampilkan secara lebih akurat di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

2. SEO Off Page

SEO Off-Page atau SEO di luar website adalah teknik optimasi yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web dalam hasil mesin pencari. Ini berfokus pada peningkatan popularitas dan relevansi situs web dengan membangun hubungan dengan situs web lain, membuat konten di situs eksternal, dan menggunakan jaringan media sosial untuk menghasilkan kesadaran.

SEO Off-Page mencakup kegiatan seperti pembuatan tautan, pengiriman artikel, pengiriman direktori, posting blog, pembuatan dan distribusi siaran pers, bookmark sosial, dan jejaring sosial. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tautan yang mengarah ke situs web atau halaman web. Hal ini juga akan membantu meningkatkan peringkat halaman di halaman hasil mesin pencari (SERP).

3. Technical SEO

Technical SEO atau SEO Teknis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengoptimalan situs web untuk peringkat mesin pencari yang lebih baik. Ini termasuk mengoptimalkan struktur, kode HTML, dan konten situs web untuk memudahkan mesin pencari merayapi, memahami, dan mengindeks situs web.

SEO Teknis juga melibatkan peningkatan kecepatan dan keamanan situs web, memastikan URL terstruktur dengan benar, menggunakan tag meta yang sesuai, dan memastikan bahwa konten relevan dengan audiens targetnya. SEO teknis adalah bagian penting dari strategi optimasi mesin pencari seperti Google yang sukses karena memastikan bahwa mesin pencari dapat menavigasi situs web secara efektif.

4. Local SEO

Locak SEO atau SEO lokal adalah jenis optimasi mesin pencari (SEO) yang berfokus pada pengoptimalan situs web untuk hasil pencarian lokal. Ini melibatkan pengoptimalan konten situs web, serta materi online lainnya seperti profil media sosial, untuk memastikan bahwa itu terlihat dalam pencarian lokal.

Ini termasuk menggunakan kata kunci spesifik yang terkait dengan lokasi dan layanan yang ditawarkan oleh bisnis, membuat konten tentang acara dan sumber daya lokal, dan menggunakan strategi pembuatan tautan lokal. SEO lokal membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan potensial yang mencari produk atau layanan mereka di wilayah geografis tertentu.

Dapatkan Lebih Banyak Pelanggan dengan Optimasi SEO

Anda berkesempatan untuk memperoleh jumlah pelanggan yang lebih banyak dengan menggunakan SEO adalah pada website yang dikelola. Namun tidak sedikit pengguna yang masih bingung. Solusinya adalah dengan menggunakan jasa SEO yang telah Pipeline sediakan.

Jika Anda ingin meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) situs web Anda, layanan SEO kami dapat membantu. Kami mengkhususkan diri dalam mengoptimalkan situs web untuk visibilitas yang lebih baik di mesin pencari utama seperti Google. Layanan kami meliputi keyword research, optimasi konten, membangun tautan, dan banyak lagi.

Kami akan bekerja sama dengan Anda untuk mengidentifikasi strategi terbaik untuk meningkatkan SEO situs web Anda. Dengan bantuan kami, Anda dapat meningkatkan lalu lintas organik ke situs Anda dan pada akhirnya meningkatkan peringkat Anda di halaman hasil mesin pencari. Hubungi kami untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami dapat mengoptimalkan SEO Anda.

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down