Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Apa Itu Growth Marketing Agency dan Apa yang Mereka Lakukan?
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

Apa Itu Growth Marketing Agency dan Apa yang Mereka Lakukan?

September 3, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Perkembangan sangat penting untuk masa depan bisnis Anda. Pesaing Anda bekerja keras agar produknya lebih menarik di mata konsumen. Dan kalau perusahaan Anda tidak berhati-hati, bisa-bisa pelanggan Anda berpindah ke pesaing. Karena itu diperlukan strategi perkembangan yang tepat. Sekarang sudah ada growth marketing agency yang siap membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat.

Tugas utama agensi ini adalah memberikan layanan yang mampu meningkatkan kesuksesan perusahaan yang menggunakan jasa mereka. Agar lebih paham mengenai growth marketing agency, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Growth Marketing Agency?

Growth marketing atau pemasaran untuk pengembangan bisnis adalah rencana yang dibuat untuk mengembangkan bisnis dalam jangka panjang. Yang termasuk ke dalam growth marketing adalah peningkatan brand awareness, peningkatan penjualan, peningkatan jumlah pelanggan, hingga ekspansi lini produk. Untuk mencapai tujuan ini dibutuhkan analisis pasar secara menyeluruh.

Dibandingkan pemasaran tradisional, growth marketing sangat berbeda karena diharapkannya hasilnya lebih besar. Tidak semua perusahaan memahami dan menguasai straegi pemasaran ini. Karena itu hadirlah growth marketing agency untuk membantu bisnis semacam ini. Sangat cocok digunakan jasanya oleh startup. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk bisnis yang sudah berkembang pesat.

Jadi, growth marketing agency adalah perusahaan yang membantu bisnis untuk mencapai perkembangan brand sesuai dengan tujuan tiap perusahaan. Caranya dengan menjalankan strategi penjualan, aplikasi teknologi dan growth hacking. Berbeda dengan agensi pemasaran tradisional yang cenderung fokus pada satu aspek digital marketing, maka agensi growth marketing menggabungkan berbagai cara ke level yang lebih tinggi.

Growth marketing agency berkonsentrasi pada peningkatan semua aspek pemasaran perusahaan yang menggunakan jasanya. Mereka membuat aksi pemasaran yang strategis untuk meningkatkan tiap aspek bisnis Anda dari yang paling dasar.

Jasa yang Growth Marketing Agency Tawarkan

Jasa Growth Marketing Agency

Jasa yang biasa digunakan growth marketing agency startup meliputi 5 aspek sebagai berikut:

1. Strategic Marketing

Brand yang ingin mengamankan market share harus mengembangkan strategi yang sesuai. Seperti, bagaimana mereka akan menyediakan produk/layanan yang dibutuhkan pelanggan. Untuk mencapai hal ini, mereka harus dengan jelas mendefinisikan misi mereka, menganalisis situasi industri, dan menetapkan tujuan khusus untuk memandu dan menginformasikan upaya pemasaran mereka.
Proses ini dikenal sebagai strategic marketing (pemasaran strategis). Strategi ini memerlukan perencanaan, pengembangan, dan penerapan manuver untuk mencapai keunggulan kompetitif di ceruk pasar Anda. Hal ini menguraikan pemetaan langsung dari tujuan perusahaan Anda dan bagaimana mencapainya.
Tujuan utama perusahaan Anda adalah kepuasan pelanggan untuk membantu Anda mendominasi pasar dan menjadi pemimpin di dalam industri. Pemasaran strategis menjabarkan jalan yang akan Anda ikuti untuk mencapai posisi ini. Ini memetakan fitur unik produk Anda dan hal-hal yang dapat memberi Anda keunggulan kompetitif di pasar pilihan Anda. Ini juga mengidentifikasi rute utama ke pasar untuk membawa produk Anda ke audiens target Anda. Beberapa layanan pemasaran strategis yang ditawarkan adalah strategi pemasaran, solusi peluncuran produk, dan strategi media sosial.

2. Digital Marketing

Saat ini lebih dari setengah populasi dunia terkoneksi dengan jaringan internet, ini pun berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2019. Meningkatnya penggunaan internet berpengaruh ke berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk cara orang berbelanja dan bagaimana bisnis berinteraksi dengan konsumen. Banyak orang yang beralih ke belanja online karena kenyamanan yang ditawarkan.

Begitu juga dengan cara memasarkan produk dan layanannya. Kini pemasaran via online dianggap jauh lebih efektif dibandingkan pemasaran offline. Pelan tapi pasti, banyak perusahaan sudah berpindah dari marketing offline ke online. Terutama jika target pasar perusahaan tersebut adalah mereka yang menghabiskan banyak waktunya di dunia maya. Maka digital marketing adalah cara yang paling tepat untuk memasarkan produk.

Dengan pemasaran ini, perusahaan dapat memperkenalkan brand mereka ke banyak orang yang berpotensi jadi konsumen. Perusahaan juga dapat meyakinkan mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa mereka. Selain itu, pemasaran secara digital juga memungkinkan perusahaan terhubung ke konsumen di saat yang tepat.

Growth marketing agency Indonesia juga akan membantu perusahaan Anda untuk menjangkau pelanggan setia maupun calon konsumen potensial melalui berbagai sarana. Di antaranya situs, mesin pencarian, email, dan tentu saja media sosial.

3. Inbound Marketing

Cara berikutnya adalah proses mengembangkan bisnis dengan cara membangun hubungan yang berarti dengan pelanggan dan calon konsumen potensial. metodologi inbound marketing adalah mendukung konsumen agar dapat mencapai gol mereka masing-masing di setiap perjalanan mereka.

Jadi dengan metode ini, konsumen tidak akan merasa terlalu dibombardir dengan iklan produk Anda. Sebaliknya, konten yang disajikan perusahaan Anda akan menarik target pasar yang tepat sehingga terjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen. Akhirnya perusahaan Anda akan dianggap sebagai “pemain” yang terpercaya dan dapat diandalkan di industri yang digeluti.

Pelanggan dan calon konsumen ditawarkan solusi dan gambaran yang sejalan dengan gol mereka. Dengan cara ini, mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk karena tidak merasa dipaksa. Strategi inbound cenderung sukses karena konsumenlah yang datang untuk berinteraksi terlebih dahulu.

4. Digital Analytics

Aspek yang keempat ini merupakan proses analisis data yang dikumpulkan dari aktivitas pemasaran online bisnis Anda. Lewat digital analytics, agensi growth marketing akan memberikan visi yang jelas pada perusahaan akan bagaimana perilaku konsumen mereka. Dari sini, perusahaan dapat lebih mengerti apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.

Dengan digital analytics, perusahaan jadi lebih paham area mana dari produk atau layanan mereka yang masih harus dikembangkan atau diperbaiki. Tujuannya tentu agar konsumen mendapatkan pengalaman yang lebih baik, terutama via online.

Digital analytics akan memberikan gambaran apa yang terjadi di platform perusahaan Anda. Data yang dianalisis meliputi laman resmi perusahaan, akun media sosial dan berbagai kanal pemasaran lainnya yang dimiliki perusahaan di dunia maya. Informasi ini kemudian dapat diubah menjadi strategi pemasaran atau layanan untuk konsumen yang lebih baik.

Aspek yang satu ini utamanya sangat dibutuhkan di era digital yang serba online. Makin banyak konsumen yang menggunakan media sosial. Dengan pelayanan dan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konsumen, secara otomatis produk Anda akan viral dan memiliki citra positif di dunia maya.

5. Design and Creatives

Tiap bisnis membutuhkan visual yang menarik untuk mendapat perhatian orang, terutama di era yang serba digital dan online seperti sekarang. Perusahaan yang mengutamakan desain cenderung sukses dengan melakukan riset sebelumnya. Hal ini disampaikan Adobe, bahwa perusahaan yang mengedepankan kreatvitas umumnya menikmati 1.5 x pasar yang lebih besar.

Desain yang menarik diterjemahkan menjadi konten yang luar biasa, dan akhirnya berakhir di pengalaman yang berbeda dan baru bagi konsumen. Perusahaan yang menawarkan konsep semacam ini umumnya menarik lebih banyak konsumen dan mengalahkan kompetitor dari segi perkembangan pendapatan.

Mereka mampu menyampaikan pesan perusahaan melalui desain yang kreatif, dan akhirnya mendapat pelanggan setia. Desain yang kreatif juga memungkinkan produk atau brand Anda menjadi lebih mencolok dibanding perusahaan lainnya dengan segmen yang sama di pasar. Dengan begitu, konsumen jadi jauh lebih mudah mengenali produk Anda dibandingkan produk lainnya.

Untuk mencapai strategi perkembangan pemasaran yang luar biasa memang bukanlah tugas yang mudah. Di sinilah pentingnya growth marketing agency yang mampu mengkonsolidasikan penjualan, pemasaran, dan teknologi menjadi satu kesatuan visi untuk berkembang. Agensi semacam ini membuat strategi yang konkret disertai dengan kampanye yang sejalan berdasarkan desain kreatif. Dengan begitu, makin banyak konsumen yang tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Jika Anda ingin meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda secara signifikan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Pipeline. Kami adalah growth marketing agency yang siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda dengan menggabungkan strategi pemasaran digital, data analitik, dan teknologi. Konsultasi gratis dengan kami sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down