Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Apa Itu Market Development dan Peran Pentingnya bagi Bisnis
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

Apa Itu Market Development dan Peran Pentingnya bagi Bisnis

November 4, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan meningkatkan penetrasi pasar yang sudah dibahas sebelumnya, ada satu strategi lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan yakni pengembangan pasar atau market development.

Berbeda dengan penetrasi pasar yang fokus pada bagimana caranya masuk ke pangsa pasar tertentu dengan jumlah konsumen yang meningkat, market development adalah metode untuk memperluas jangkauan pasar dengan berbagai cara mulai dari promosi hingga pendekatan personal pada konsumen yang membutuhkan produk tersebut. Dengan kata lain, market development ini dilakukan untuk keuntungan dan pengembangan jangka panjang.

Agar lebih memahami apa itu marketing development dan berbagai strategi untuk melakukannya, yuk simak rangkuman informasinya berikut ini.

Pengertian Market Development

Market development strategy atau strategi pengembangan pasar adalah strategi growth marketing dengan cara memperluas target pasar yang dimiliki. Kendati tujuannya adalah memperluas jangkauan pasar sehingga lebih banyak orang mengenali dan menggunakan produk yang ditawarkan, namun pengembangan pasar tidak fokus pada membuat konsumen membeli barang saat ini juga. Dasar market development terletak pada pengembangan bisnis secara umum sehingga keberhasilan yang didapatkan sifatnya jangka panjang.

Umumnya, market development akan berusaha mencari pangsa pasar baru agar tidak kalah dengan kompetitornya. Pangsa pasar baru ini akan menjadi aset bagi perusahaan dimana jika berhasil, pemasaran produk yang dilakukan dapat menjangkau target yang lebih luas. Itulah sebabnya, market development biasanya tidak menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Namun, efeknya lebih kuat yang nantinya akan memudahkan perusahaan melakukan penetrasi pasar yang lebih baik di tempat baru tersebut.

Perbedaan Market Development vs Market Penetration

Kadang muncul kebingungan antara market development dan market penetration. Dari pengertian market development sebenarnya dapat terlihat bahwa strategi pengembangan pasar ini bertujuan untuk mencari target pasar baru yang bisa dijadikan tempat untuk menjual produk dengan baik. Sedangkan strategi penetrasi pasar adalah potensi atau kekuatan bisnis yang dimiliki untuk memasuki pasar tersebut. Seberapa banyak konsumen yang di targetkan dan seberapa banyak barang atau jasa yang berhasil terjual pada konsumen.

Dari sini, terlihat pula perbedaan bahwa fokus dari market development memberikan efek jangka panjang karena biasanya pasar yang berhasil dikuasai dapat dijadikan target dalam waktu lama. Market development tidak menargetkan penjualan produk saat itu juga karena memang misinya adalah mencari pasar yang lebih luas. Penetrasi pasar berfokus pada penjualan saat ini, atau seberapa banyak produk yang bisa mencapa konsumen.

Manfaat Market Development Untuk Bisnis

Market development atau pengembangan pasar adalah strategi penting agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Jika market development ini berjalan dengan baik bukan tidak mungkin penetrasi pasar yang dilakukan juga akan semakin baik karena target market yang lebih luas dan bermutu. Beberapa manfaat dari menerapkan strategi pengembangan pasar adalah:

  • Mengembangkan produk atau layanan baru sekaligus meningkatkan kualitasnya.
  • Mendapatkan banyak pelanggan baru.
  • Meningkatkan penjualan ke pelanggan saat ini.
  • Meningkatkan pendapatan.
  • Membangun organisasi bisnis yang lebih stabil dan solid.
  • Mendukung pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan atau bersifat jangka panjang.
  • Memicu lebih banyak prospek dan penjualan.
  • Meningkatkan brand value untuk pelanggan yang lebih puas dan brand awareness.
  • Mengurangi biaya produksi per unit pada produk atau layanan yang dijual

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, market development tidak terpaku pada bagaimana caranya menjual produk saat ini sehingga jangan mengharapkan angka penjualan yang akan naik drastis dalam waktu singkat. Namun, cara ini menguntungkan secara jangka panjang karena mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara mencari pasar potensial baru dengan konsumen potensial pula yang akan menggunakan barang atau jasa dengan baik.

Tahap Membuat Strategi Market Development

tahapan strategi market development

Pengembangan pasar tidak bisa dilakukan sembarangan karena berhubungan dengan keberhasilan jangka panjang yang akan menentukan nasib bisnis di masa depan. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat strategi market development, yaitu:

Riset Peluang Pengembangan Pasar Bisnis

Setiap bisnis memiliki peluang pengembangan yang berbeda-beda tergantung banyak faktor, mulai jenis komoditas yang ditawarkan, daya beli target pasar dan lain sebagainya. Jika ingin mengembangkan pasar, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu guna melihat seberapa besar peluang keberhasilannya. Caranya adalah:

  • Kaji buyer persona berdasarkan data analisis pelanggan, seperti demografi atau latar belakang kosumen.
  • Lakukan riset pasar, sebagai contoh dengan melakukan analisis SWOT untuk menentukan kekuatan, kelemahan, daya beli, ancaman bisnis pendatang baru, atau atribut lain yang akan dibandingkan dengan kompetitor di pangsa pasar baru.
  • Survei pelanggan dengan menanyakan manfaat produk atau layanan dalam menyelesaikan permasalahan pelanggan.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, akan diketahui seberapa besar peluang mengembangkan bisnis di target pasar tersebut. Walaupun memiliki tujuan yang jelas dan bagus untuk masa depan perusahaan, jangan terlalu ambisius sehingga memaksakan pasar. Target pasar yang dipaksakan hanya akan membuat bisnis merugi karena penilaian terhadap riset tersebut tidak obyektif lagi.

Tetapkan Tujuan Pertumbuhan Bisnis

Pengembangan pasar yang sukses ditandai dengan adanya peningkatan penjualan, laba, kinerja karyawan, kualitas pelanggan, dan penjualan produk. Namun, harus diakui bahwa meraih itu semua di waktu yang sama nyaris tidak mungkin karena target tersebut terlalu berat. Untuk itu, ada baiknya untuk menetapkan tujuan pertumbuhan bisnis misalnya per waktu tertentu. Di kuartal pertama pengembangan pasar, Anda menargetkan adanya peningkatan penjualan dan laba. Di waktu berikutnya targetnya adalah kualitas pelanggan yang meninggkat dan retensi karyawan yang lebih baik, dan sebagainya.

Buat Perencanaan Pemasaran

Pemasaran sangat diperlukan supaya konsumen potensial menyadari kehadiran produk dari perusahaan Anda dan memahami fungsinya untuk menyelesaikan masalah yang dimilikinya. Agar pasarnya dapat berkembang dengan pesat dalam kurun waktu tertentu, ada baiknya untuk membuat perencanaan pemasaran yang baik. Pemasaran ini memiliki beberapa komponen, yaitu:

  • Strategi content marketing melalui SEO website atau blog.
  • Branding secara tradisional (traditional marketing) atau berbasis digital (digital marketing).
  • Penjadwalan dan kondisi finansial.
  • Penggunaan saluran pemasaran.
  • Penerapan email marketing.

Jika ditanya apakah semua komponen itu harus dilakukan? Jawabannya adalah sebisa mungkin. Pasalnya, komponen tersebut sama pentingnya untuk membantu membuat perencanaan pasar. semakin banyak langkah yang bisa dilakukan akan semakin baik pula hasilnya.

Terjun ke Pasar Target

Terakhir adalah terjun ke pasar target. Langkah ini bisa diambil ketika semua persiapan sebelumnya sudah dilakukan dengan matang dan baik. Ingat, jangan bekerja sendirian. Bentuklah tim pemesaran dan pengembangan pasar dengan visi yang sama supaya terjun ke pasar target sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Dari penjelasan di atas, Anda sudah bisa memahami dengan baik apa itu market development. Sebagai salah satu strategi yang sering digunakan dalam growth strategy, market development memang mempunyai banyak manfaat bagi bisnis jadi lakukanlah dengan baik dan jika perlu, mintalah saran dari institusi atau perusahaan yang ahli dalam bidang pengembangan ini.

Pipeline adalah sebuah agensi growth marketing berpengalaman yang bisa dipercaya untuk membantu pemasaraan bisnis Anda. Ayo konsultasi gratis sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down