Meningkatkan penjualan bisa dilakukan dengan banyak cara. Selain dengan meningkatkan penetrasi pasar yang sudah dibahas sebelumnya, ada satu strategi lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan yakni pengembangan pasar atau market development.
Berbeda dengan penetrasi pasar yang fokus pada bagimana caranya masuk ke pangsa pasar tertentu dengan jumlah konsumen yang meningkat, market development adalah metode untuk memperluas jangkauan pasar dengan berbagai cara mulai dari promosi hingga pendekatan personal pada konsumen yang membutuhkan produk tersebut. Dengan kata lain, market development ini dilakukan untuk keuntungan dan pengembangan jangka panjang.
Agar lebih memahami apa itu marketing development dan berbagai strategi untuk melakukannya, yuk simak rangkuman informasinya berikut ini.
Market development strategy atau strategi pengembangan pasar adalah strategi growth marketing dengan cara memperluas target pasar yang dimiliki. Kendati tujuannya adalah memperluas jangkauan pasar sehingga lebih banyak orang mengenali dan menggunakan produk yang ditawarkan, namun pengembangan pasar tidak fokus pada membuat konsumen membeli barang saat ini juga. Dasar market development terletak pada pengembangan bisnis secara umum sehingga keberhasilan yang didapatkan sifatnya jangka panjang.
Umumnya, market development akan berusaha mencari pangsa pasar baru agar tidak kalah dengan kompetitornya. Pangsa pasar baru ini akan menjadi aset bagi perusahaan dimana jika berhasil, pemasaran produk yang dilakukan dapat menjangkau target yang lebih luas. Itulah sebabnya, market development biasanya tidak menunjukkan hasil dalam waktu singkat. Namun, efeknya lebih kuat yang nantinya akan memudahkan perusahaan melakukan penetrasi pasar yang lebih baik di tempat baru tersebut.
Kadang muncul kebingungan antara market development dan market penetration. Dari pengertian market development sebenarnya dapat terlihat bahwa strategi pengembangan pasar ini bertujuan untuk mencari target pasar baru yang bisa dijadikan tempat untuk menjual produk dengan baik. Sedangkan strategi penetrasi pasar adalah potensi atau kekuatan bisnis yang dimiliki untuk memasuki pasar tersebut. Seberapa banyak konsumen yang di targetkan dan seberapa banyak barang atau jasa yang berhasil terjual pada konsumen.
Dari sini, terlihat pula perbedaan bahwa fokus dari market development memberikan efek jangka panjang karena biasanya pasar yang berhasil dikuasai dapat dijadikan target dalam waktu lama. Market development tidak menargetkan penjualan produk saat itu juga karena memang misinya adalah mencari pasar yang lebih luas. Penetrasi pasar berfokus pada penjualan saat ini, atau seberapa banyak produk yang bisa mencapa konsumen.
Market development atau pengembangan pasar adalah strategi penting agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Jika market development ini berjalan dengan baik bukan tidak mungkin penetrasi pasar yang dilakukan juga akan semakin baik karena target market yang lebih luas dan bermutu. Beberapa manfaat dari menerapkan strategi pengembangan pasar adalah:
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, market development tidak terpaku pada bagaimana caranya menjual produk saat ini sehingga jangan mengharapkan angka penjualan yang akan naik drastis dalam waktu singkat. Namun, cara ini menguntungkan secara jangka panjang karena mendukung pertumbuhan bisnis dengan cara mencari pasar potensial baru dengan konsumen potensial pula yang akan menggunakan barang atau jasa dengan baik.
Pengembangan pasar tidak bisa dilakukan sembarangan karena berhubungan dengan keberhasilan jangka panjang yang akan menentukan nasib bisnis di masa depan. Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk membuat strategi market development, yaitu:
Setiap bisnis memiliki peluang pengembangan yang berbeda-beda tergantung banyak faktor, mulai jenis komoditas yang ditawarkan, daya beli target pasar dan lain sebagainya. Jika ingin mengembangkan pasar, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu guna melihat seberapa besar peluang keberhasilannya. Caranya adalah:
Dengan melakukan beberapa langkah di atas, akan diketahui seberapa besar peluang mengembangkan bisnis di target pasar tersebut. Walaupun memiliki tujuan yang jelas dan bagus untuk masa depan perusahaan, jangan terlalu ambisius sehingga memaksakan pasar. Target pasar yang dipaksakan hanya akan membuat bisnis merugi karena penilaian terhadap riset tersebut tidak obyektif lagi.
Pengembangan pasar yang sukses ditandai dengan adanya peningkatan penjualan, laba, kinerja karyawan, kualitas pelanggan, dan penjualan produk. Namun, harus diakui bahwa meraih itu semua di waktu yang sama nyaris tidak mungkin karena target tersebut terlalu berat. Untuk itu, ada baiknya untuk menetapkan tujuan pertumbuhan bisnis misalnya per waktu tertentu. Di kuartal pertama pengembangan pasar, Anda menargetkan adanya peningkatan penjualan dan laba. Di waktu berikutnya targetnya adalah kualitas pelanggan yang meninggkat dan retensi karyawan yang lebih baik, dan sebagainya.
Pemasaran sangat diperlukan supaya konsumen potensial menyadari kehadiran produk dari perusahaan Anda dan memahami fungsinya untuk menyelesaikan masalah yang dimilikinya. Agar pasarnya dapat berkembang dengan pesat dalam kurun waktu tertentu, ada baiknya untuk membuat perencanaan pemasaran yang baik. Pemasaran ini memiliki beberapa komponen, yaitu:
Jika ditanya apakah semua komponen itu harus dilakukan? Jawabannya adalah sebisa mungkin. Pasalnya, komponen tersebut sama pentingnya untuk membantu membuat perencanaan pasar. semakin banyak langkah yang bisa dilakukan akan semakin baik pula hasilnya.
Terakhir adalah terjun ke pasar target. Langkah ini bisa diambil ketika semua persiapan sebelumnya sudah dilakukan dengan matang dan baik. Ingat, jangan bekerja sendirian. Bentuklah tim pemesaran dan pengembangan pasar dengan visi yang sama supaya terjun ke pasar target sesuai dengan hasil yang diharapkan.
Dari penjelasan di atas, Anda sudah bisa memahami dengan baik apa itu market development. Sebagai salah satu strategi yang sering digunakan dalam growth strategy, market development memang mempunyai banyak manfaat bagi bisnis jadi lakukanlah dengan baik dan jika perlu, mintalah saran dari institusi atau perusahaan yang ahli dalam bidang pengembangan ini.
Pipeline adalah sebuah agensi growth marketing berpengalaman yang bisa dipercaya untuk membantu pemasaraan bisnis Anda. Ayo konsultasi gratis sekarang!