Let's Connect
Home > Blog > Marketing > Contoh Strategi Lead Generation yang Efektif untuk Bisnis
Waspada Penipuan Mengatasnamakan PT Pipeline Marketing Teknologi. Baca Selengkapnya

Contoh Strategi Lead Generation yang Efektif untuk Bisnis

December 1, 2022  •    •  Rista Fathika Anggrela

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu dibutuhkan beberapa strategi atau pun taktik agar bisa menaikan jumlah pendapatan. Hadirnya contoh strategi lead generation, tentu menjadi hal yang sangat penting dalam sebuah pemasaran. Terlebih lagi pemasaran digital yang saat ini banyak dilakukan oleh para perusahaan.

Selain lead generation yang ada di era milenial saat ini harus mampu menarik calon pelanggan lewat kontak telepon. Hal ini sangat gencar dilakukan oleh para perusahaan digital yang tengah berkembang saat ini. Untuk informasi lebih lanjut, simak berikut ulasannya yaitu:

Pengertian Strategi Lead Generation

Berdasarkan pengertiannya lead generation strategy merupakan proses peningkatan terhadap minat orang-orang pada sebuah produk atau jasa tertentu. Bukan hanya minat saja, contoh lead generation juga berperan dalam menjaga ketertarikan calon pelanggan. Hal itu, tentu harus dibuktikan dengan berhasilnya seseorang menjadi pelanggan.

Kegiatan ini, tentu bisa dilakukan dalam beberapa cara yang mampu memberikan prospek tertentu. Jika prospek yang didapatkan baik, maka bimbingan menuju penawaran pun dapat diberikan. Hal ini, dapat dilakukan dengan membujuk pelanggan lewat iklan atau promosi produk hingga terjadi penjualan.

Secara sederhana, lead adalah calon pelanggan atau pihak yang berpotensi untuk menjadi konsumen tetap. Namun untuk dapat memperoleh lead, tentu dibutuhkan lead preparation supaya pelanggan potensial bisa berhasil dikonversikan dengan sukses. Jadi dimulai dari pengunjung atau audiences akan berubah menjadi pelanggan atau konsumen.

Pada umumnya, lead sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis yang perlu untuk diketahui. Lead pertama yaitu ada marketing qualified lead (MQL), product qualified lead (PQL), sales qualified lead (SQL), dan service qualified lead (SL) yang dapat dipilih dan disesuaikan. Namun, semuanya adalah jenis lead yang penting dalam sebuah pemasaran digital.

Strategi Lead Generation yang Paling Ampuh

Strategi Lead Generation paling ampuh

Agar dapat menjalankan beberapa contoh lead gen dengan baik tentu ada caranya. Mengingat dalam proses menjalankannya terdapat beragam pilihan yang telah tersedia. Simak berikut ini strategi yang dapat diterapkan, di antaranya yaitu:

1. Memanfaatkan Chatbot

Contoh lead generation saat ini salah satunya adalah chatbot yang merupakan teknologi dalam menjalankan sebuah strategi. Hal ini sangat penting dan dibutuhkan, pasalnya tidak mungkin balasan chat pelanggan dilakukan satu-satu. Adanya pemanfaatan chatbot bisa digunakan untuk merespon pertanyaan dengan cepat.

Selain itu adanya pemanfaatan strategi yang satu ini bisa menghindari kesalahan dalam pemberian respon. Mengingat satu kesalahan dapat membuat pelanggan kabur dan diambil oleh kompetitor lain. Oleh sebab itu, chatbot saat ini banyak sekali dimanfaatkan.

Berdasarkan data Ruler Analytics, terdapat 80 persen bukti bahwa marketer berpikiran akan hasil lead lebih banyak. Pasalnya cukup dengan melakukan otomatisasi, teknologi chatbot pun dapat bekerja secara maksimal. Sekalipun jam sibuk, chatbot mampu aktif melayani pelanggan sesuai dengan brand.

Selanjutnya, bagi yang ingin mengetahui pertanyaan umum dapat membuka halaman Q&A yang telah tersedia. Namun untuk keluhan, pertanyaan atau saran yang sifatnya spesifik dapat dilakukan lewat personal sesuai jadwal. Pihaknya akan mengatur setiap jadwal diskusi pada kalender digital.

Cara ini tentu dapat memudahkan perusahaan dalam melayani pelanggan yang bersungguh-sungguh membutuhkan bantuan personal. Hal ini dapat membantu pelanggan supaya dapat terlayani dengan maksimal. Memungkinkan perusahaan dapat fokus pada pos-pos produktif yang menjanjikan sebuah konversi.

2. Membuat Konten Eksklusif

Selanjutnya strategi lead generation yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat konten eksklusif. Contoh lead generation marketing yang satu ini banyak diterapkan ke beberapa perusahaan global baik berkembang maupun maju. Namun kini tenang saja, konten ini tidak selalu berbayar.

Terdapat beberapa pilihan yang ditawarkan dalam pembuatan konten eksklusif, yaitu dengan meminta sejumlah data dalam lead. Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan menciptakan beberapa konten. Namun dalam pembuatannya tentu harus konten dengan nilai dibandingkan konten lainnya.

Pasalnya terdapat beberapa konten eksklusif yang mempunyai nilai tinggi dibandingkan konten lainnya. Konten yang ditawarkan tersebut, tentu memiliki pilihan yang menarik yang dapat pelanggan nikmati. Berikut daftar konten yang tersedia yaitu:

  • Template.
  • E-book.
  • Artikel.
  • Whitepaper.
  • Data.
  • Tools dan lainnya.

Selanjutnya, beberapa publikasi serta tawaran konten eksklusif yang dihadirkan pun relevan. Apabila lead nantinya tertarik agar bisa melakukan pengunduhan konten, maka diharuskan untuk mengisi formulir sebelumnya. Berikut ada beberapa pertanyaan yang harus dilengkapi dalam form yaitu:

  • Keterangan nama lengkap.
  • Nama asal perusahaan.
  • Jabatan atau posisi.
  • Nama teknologi yang dipakai.
  • Jenis bisnis.
  • Hobi atau minat.

Jika lead sudah mengisi beberapa data yang terdapat dalam form, maka lanjutkan dengan mengirimkan konten. Biasanya pengiriman konten eksklusif ini akan dilakukan via email. Hal tentu dapat mendatangkan untung bagi pihak yang terlibat pastinya.

Mengingat contoh lead generation yang satu ini memberikan keuntungan pengguna karena melakukan akses konten yang bernilai tinggi. Pihak perusahaan pun mendapatkan untung lewat data yang diperoleh dari lead. Memungkinkan manfaat dari mengerahkan strategi bisnis pun berjalan dengan baik.

3. Menyelenggarakan Event

Contoh lead generation selanjutnya yang ampuh dan ampuh untuk dilakukan yaitu dengan menyelenggarakan event. Berdasarkan artinya event marketing merupakan teknik terbaru dalam sebuah strategi. Terlebih lagi ketika wabah corona menyerang, penggunaan tren event dari offline pun berubah online.

Dalam beberapa event, pihak perusahaan tentu bisa memperlihatkan citra atau brand sebagai spesialis dalam bidang tertentu. Untuk sesi tanya jawab pun dapat dilakukan pada akhir acara atau event yang dilaksanakan. Membuat kedekatan antara pelanggan dan perusahaan bisa terbangun lewat lead.

Bukan hanya itu saja, ketika ada topik profesional muncul, perusahaan bisa melakukan demonstrasi dalam pemecahan masalah. Hal ini tentu dilakukan dengan memanfaatkan produk yang telah dihasilkan. Dalam strategi ini, pihak perusahaan pun berkesempatan langsung untuk memberikan edukasi produk hingga memperkenalkan kelebihannya.

Hal menarik yang terdapat dalam strategi ini yaitu adanya taktik konsumen yang dapat terpilih secara otomatis. Memungkinkan siapapun yang hadir dan turut berpartisipasi dapat terhubung dengan produk perusahaan. Contohnya yaitu seperti pemahaman peserta akan bidang yang dijelaskan.

Dalam sebuah segmen orientasi, akan terdapat banyak waktu yang dihemat. Bukan hanya itu, biaya serta tenaga juga tidak akan terbuang sia-sia dalam strategi marketing. Pasalnya event yang dilakukan perusahaan berpotensi untuk menjadi lead yang tepat sasaran.

Dalam hal ini pihak perusahaan juga dapat menggabungkan taktik dengan strategi konten eksklusif dengan tepat. Contohnya ada lead yang tertarik untuk menghadiri event yang dibuat oleh perusahaan, maka pengisian form biodata pun harus dilakukan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tiket.

Selanjutnya, pihak perusahaan akan mengetahui siapa saja yang hadir dan tergabung dalam event. Pemakaian alamat email pun akan tersematkan di dalamnya. Membuat data serta keterangan alamat email bisa dipakai untuk database marketing.

Jika Anda ingin melihat peningkatan traffic dan konversi di website Anda, itu artinya Anda memerlukan lead generations dan Pipeline siap membantu! Pahami lebih dalam apakah lead generations benar-benar apa yang Anda perlukan? Konsultasikan bersama kami gratis!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
Pipeline Buzz
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi pemasaran pertumbuhan untuk startup yang memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down