“Sudah habis jutaan rupiah untuk iklan, tapi kok leads-nya masih sedikit, ya?”
Sebagai pemilik bisnis atau marketer, apakah Anda sedang mengalami hal demikian? Pasti hal tersebut sangat membingungkan bagi Anda. Apalagi, jika bisnis yang dikelola belum menghasilkan banyak keuntungan.
Jika Anda mengalami hal demikian, mungkin sudah saatnya Anda mencoba menggunakan SEO lead generation untuk menarik high quality leads sebagai salah satu strategi digital marketing. Tidak hanya lebih efisien dari segi budget, tapi SEO juga bisa membantu kita menjangkau lebih banyak pengunjung dan calon customer.
Lantas, bagaimana cara efektif untuk menarik high quality leads dari SEO? Selengkapnya, simak ulasannya di pembahasan berikut ini!
Ada beberapa alasan mengapa SEO (search engine optimization) penting untuk perkembangan bisnis Anda dalam menjual produk atau layanan, di antaranya seperti:
Di dunia serba digital seperti saat ini, bisnis juga harus memiliki awareness yang cukup secara online. Hal ini penting jika Anda ingin mendapatkan jangkauan pelanggan lebih luas lagi. Bahkan jika bisnis Anda adalah usaha lokalan, visibilitas secara online tetaplah penting.
Bayangkan, jika saat seseorang mengetik “coffee shop terdekat” dan mereka menemukan maps kafe Anda bertengger di peringkat pertama hasil pencarian. Lalu mereka datang ke cafe Anda dengan maps yang terdaftar di Google, bukankah hal tersebut menguntungkan bagi Anda?
Salah satu hal yang bisa meyakinkan pembeli/calon customer terhadap service/brand kita adalah “rating pengguna dan testimoni pelanggan”.
Anda mungkin bisa saja mendapatkan “kredibilitas bagus” dari pelanggan hanya dari mulut ke mulut atau menggunakan marketing mouth to mouth. Akan tetapi, tingkat jangkauan marketing mouth to mouth juga sangat terbatas. Jika customer Anda jauh dari lingkungan tersebut, maka mereka juga tidak akan bisa mendengar testimoni tersebut. Berbeda halnya jika Anda menggunakan SEO/local SEO.
Pada implementasi local SEO, pelanggan bisa dengan mudah menambahkan rating/testimoni mereka di profil bisnis yang Anda daftarkan. Dengan begitu, calon pelanggan potensial bisa dengan mudah menilai kredibilitas bisnis Anda.
Jika anggaran iklan Anda terbatas, mungkin akan lebih sulit untuk bersaing dengan pengiklan yang memiliki anggaran lebih besar, terutama untuk kata kunci yang sangat kompetitif.
Hal ini tentu berbeda dengan SEO. Jika Anda menggunakan SEO untuk media promosi, Anda tidak perlu khawatir untuk budget per klik atau anggaran dalam jangka waktu lama. Sebab, artikel yang kita publikasi akan tetap bisa dikunjungi sampai kapanpun tanpa harus membayar biaya per klik.
Asalkan website kita dioptimasi dengan baik, baik secara on page, off-page, atau technical maka kemungkinan artikel berada di posisi halaman pertama masih tetap ada.
Lantas, bagaimana SEO bisa membantu bisnis untuk mendapatkan lead? Jika bisnis Anda baru, maka SEO sangat berperan penting untuk meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan pengunjung dan tentunya menghasilkan lead.
Singkatnya, brand awareness adalah metriks untuk mengukur seberapa familiar konsumen dengan sebuah merek atau produk. Misalnya, saat seseorang mengatakan “teh botol”, merek apa yang muncul di benak banyak orang? Nah, jika ada banyak orang yang menyebut merek tersebut, artinya merek tersebut memiliki brand awareness yang tinggi.
SEO bisa membantu meningkatkan brand awareness melalui artikel yang kita posting melalui section blog. Semakin banyak artikel yang ranking di niche tertentu, semakin familiar calon konsumen dengan service tersebut.
Sumber gambar: keap.com
Apalagi, dilansir dari situs Keap.com, umumnya organic search menjadi sumber traffic yang membawa pengunjung paling banyak dibandingkan dengan channel lain seperti social media atau PPC.
Dengan jangkauan seluas itu, Anda dapat mengoptimalkan website untuk mendapatkan lebih banyak high quality leads. Cara startegi SEO lead generation bagaimana? Pembahasan selengkapnya dapat Anda lihat di poin selanjutnya.
Berikut ini adalah beberapa strategi lead generation dengan SEO yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan dan meningkatkan high quality leads:
Seperti dalam pembahasan sebelumnya, bahwa blog section berperan penting untuk membantu mendatangkan traffic ke website. Tentunya, dengan catatan bahwa konten yang kita sajikan berada dalam niche yang relevan dengan service/brand kita.
Misalnya, jika bisnis Anda merupakan brand aplikasi payroll, maka artikel yang dibuat sebaiknya berada dalam niche kepegawaian, perkantoran, dan karir. Jadi, kita bisa secara spesifik menargetkan calon customer yang memang memiliki interest atau kebutuhan akan aplikasi payroll.
Nantinya, artikel yang dipublikasi juga bisa dijadikan sebagai media soft selling dengan mengarahkan calon customer ke landing page atau halaman registrasi. Ini adalah langkah paling penting dalam menerapkan SEO lead generation.
Selain dari segi konten berkualitas dan informatif, untuk mendapatkan high quality leads menggunakan SEO, kita juga harus memperbaiki sisi teknis dari website. Salah satunya adalah kecepatan website yang menjadi tips ke dua SEO lead generation.
Sebab, kecepatan website yang optimal juga bisa mengurangi jumlah bounce rate atau persentase jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan halaman setelah membukanya. Jika tingkat bounce rate tinggi, maka bisa dikatakan bahwa user experience dari website kita buruk.
Nah, untuk menghindari hal tersebut, beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website adalah minify atau hapus kode-kode yang tidak perlu pada html, css, dan javascript. Selain itu, optimasi juga gambar yang ada di halaman tersebut agar ukurannya tidak terlalu besar.
SEO lead generation techniques selanjutnya yaitu jangan lupa untuk melakukan riset kata kunci untuk artikel yang akan dipublikasi. Hal ini penting untuk melihat apa saja kata kunci yang umumnya dicari untuk niche tersebut.
Selain relevansinya, faktor lain yang perlu Anda perhatikan saat riset kata kunci adalah jumlah search volume. Hal ini penting untuk melihat seberapa ketat kompetisi yang ada di SERP untuk kata kunci tersebut.
Ada beberapa tools yang bisa Anda gunakan saat riset kata kunci. Di antaranya seperti Ubersuggest, SEMrush, Ahrefs, Moz, dan lain sebagainya. Selain menggunakan third party tools, Anda juga bisa melakukan keyword research dengan menggunakan rekomendasi dari search box seperti di bawah ini.
Selanjutnya, jangan lupa bangun internal dan eksternal link untuk membantu bot menemukan halaman-halaman di website Anda sekaligus meningkatkan authority website.
Untuk membangun internal link, Anda dapat menghubungkan halaman satu dengan yang lain menggunakan anchor text. Untuk external link, Anda bisa mendapatkannya dari website lain yang memberikan tautan ke website Anda.
Jika kedua hal ini terbangun dengan baik, maka artikel yang kita publikasi bisa dengan mudah berada di halaman pertama di SERP.
Jika bisnis Anda memiliki toko fisik dan ditargetkan secara lokal, strategi local SEO lead generation mungkin patut dicoba. Untuk optimasinya, Anda bisa mendaftarkan bisnis di Google My Business dan optimasi untuk kata kunci lokal. Misalnya seperti “jasa interior surabaya, jasa arsitek surabaya, jasa interior design jakarta” dan lain sebagainya.
Menurut Search Engine Journal, profil sosial media yang kuat juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis. Dalam kata lain, Anda dapat mengkolaborasikan antara social media dan SEO secara bersamaan untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.
Memang, social media tidak bisa secara langsung memengaruhi ranking pada SERP, tapi ia tetap bisa membantu mendatangkan pengunjung ke website. Jika konten di social media berhasil menarik perhatian target konsumen, bukan tidak mungkin mereka akan mengunjungi website kita kan?
SEO lead generation techniques terakhir, jangan lupa untuk meminta testimoni atau ulasan pelanggan. Seperti dalam pembahasan di atas, ulasan tersebut sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan pengunjung terhadap bisnis atau kredibilitas bisnis.
Nah, itu dia ulasan lengkap seputar cara efektif menarik high quality leads menggunakan SEO. Bagaimana? Sekarang apakah Anda tertarik untuk mencoba?
Kesulitan mendapatkan leads berkualitas untuk bisnis B2B Anda? Pipeline punya solusinya! Sebagai ahli pemasaran digital B2B di Jakarta, kami fokus pada satu hal: membuat bisnis Anda ditemukan oleh calon klien yang tepat.
Dengan keahlian dalam SEO, SEM, dan analitik data, tim Pipeline siap meningkatkan visibilitas online Anda dan menghasilkan leads yang siap dikonversi. Kami tidak hanya bicara, tapi buktikan hasilnya. Klien kami melaporkan peningkatan signifikan dalam jumlah dan kualitas leads mereka.
Baca Juga: Lead Generation Case Study: How Fazpass Got 1,700% Leads Growth in 1 Month!
Jangan biarkan pesaing mendahului Anda. Hubungi Pipeline sekarang dan mulai raih lebih banyak leads berkualitas. Konsultasi gratis menanti Anda.
Saatnya bisnis B2B Anda menjadi pilihan utama di pasar!