Konsultasi Gratis
Home > Blog > Marketing > Manfaat Service Marketing Mix Dalam Lead Generation

Manfaat Service Marketing Mix Dalam Lead Generation

July 15, 2024  •    •  Arvhi Mega Utami

Berbicara soal marketing dan lead generation seperti tidak pernah ada habisnya. Sama seperti teknologi, strategi pemasaran dan pengumpulan leads bersifat dinamis atau selalu berkembang seiring dengan berubahnya tren pasar dan konsumen. Jika sebelumnya konsep service marketing dan service marketing triangle sudah dibahas dan cukup menarik perhatian, terdapat satu konsep pemasaran serupa yang tidak kalah jitu serta banyak digunakan oleh perusahaan yaitu service marketing mix atau bauran pemasaran jasa, yang juga berperan penting dalam strategi lead generation.

Dari namanya, dapat diprediksi bahwa sistem pemasaran ini masih mengacu pada kepuasan pelanggan sebagai pijakannya, sekaligus menjadi dasar untuk menarik dan mengonversi prospek menjadi leads. Hanya saja, dalam prakteknya service marketing mix menggunakan kombinasi berbagai bentuk variabel pemasaran agar target marketing dan lead generation dapat tercapai.

Kira-kira variabel apa saja yang dimaksud dan manfaat seperti apa yang dapat diperoleh dengan mengaplikasikan cara ini dalam konteks pemasaran dan lead generation?

Apa Itu Service Marketing Mix?

Service marketing mix adalah strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalamnya secara terpadu demi mencapai tujuan marketing pasar yang telah ditargetkan, termasuk mengoptimalkan proses lead generation. Konsep pemasaran ini pertama kali diperkenalkan oleh Neil Borden, seorang profesor marketing dari Harvard pada tahun 1948.

Walaupun merupakan strategi pemasaran yang cukup lama ditemukan– namun efektifitas yang diberikan rupanya tidak lekang oleh waktu sehingga sampai sekarang metode ini masih digunakan oleh banyak perusahaan untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan leads berkualitas.

Dulunya, service marketing mix menggunakan teknik 4P (Product, Place, Price, Promotion) dalam menjalankan pemasaran barang ataupun jasa. Pada saat itu, teknik 4P ini dianggap cukup sukses dan membawa keuntungan yang besar bagi perusahaan. Namun, karena perubahan tren pasar dan kondisi konsumen yang juga ikut berkembang, maka konsep tersebut ikut bermetamorfosis menjadi 7P dengan 7 variabel yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence. Setiap elemen ini memiliki peran penting dalam menciptakan strategi lead generation yang efektif.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Antara Konsep Marketing Mix 7P dan 4P!

[cboxarea id="cbox-WyHApVz9AIsYzgeB"]

 

Apa Manfaat Service Marketing Mix dalam Pemasaran dan Lead Generation?

manfaat Service Marketing Mix

Setelah mengetahui secara singkat gambaran dan pengertian mengenai apa itu strategi marketing mix, kini saatnya untuk melihat keuntungan apa saja yang dapat diperoleh dengan menerapkan konsep bauran pemasaran tersebut, terutama dalam konteks lead generation.

1. Menganalisis Keuangan Perusahaan dan ROI

Manfaat pertama dari service marketing mix adalah dapat membantu menganalisis keuangan perusahaan, termasuk Return on Investment (ROI) dari upaya lead generation. Dengan mengetahui arus keuangan perusahaan dengan baik dan terperinci, perusahaan jadi tahu kondisi finansial yang riil dan juga cara mengelolanya supaya proses pemasaran dan lead generation berjalan dengan baik dan membawa keuntungan maksimal.

2. Mengalokasikan Sumber Daya yang Bijaksana

Salah satu aspek dari service marketing mix adalah people atau sumber daya manusia yang jika kinerjanya baik, maka proses produksi, pemasaran hingga distribusi produk akan berjalan dengan baik pula. Dalam konteks lead generation, alokasi sumber daya yang tepat dapat meningkatkan efektivitas kampanye dan kualitas leads yang dihasilkan.

Mengingat jumlah sumber daya manusia terbaik dalam perusahaan sifatnya terbatas, maka alokasi tenaga kerja ini perlu dilakukan dengan efisien dan bijaksana agar memberikan pengaruh pada tercapainya tujuan pemasaran dan lead generation.

3. Memfasilitasi Proses Komunikasi

Seperti halnya penggunaan sumber daya manusia terbaik di bidangnya, perusahaan harus memenuhi kebutuhan semua karyawannya termasuk fasilitas proses komunikasi. Komunikasi yang baik dan efektif kepada semua karyawan tidak hanya dilakukan di divisi pemasaran, namun juga yang lain.

Dalam konteks lead generation, komunikasi yang efektif juga penting dalam proses nurturing leads, memastikan bahwa setiap interaksi dengan prospek potensial membawa mereka lebih dekat ke keputusan pembelian.

4. Menyederhanakan Kegiatan Pemasaran dengan Efektif

Konsep service marketing mix memiliki manfaat untuk menyederhanakan kegiatan memasarkan produk dan menghasilkan leads supaya lebih efektif. Seperti yang diketahui, pemasaran dan lead generation memiliki banyak aspek yang jika dipelajari secara teori akan sangat panjang dengan pengaplikasian yang juga tidak mudah. Service marketing mix menyederhanakan itu semua dengan membentuk pemasaran dan lead generation menjadi satu kegiatan terpadu sehingga lebih mudah dilakukan dan diukur hasilnya.

5. Mengalokasikan Tanggung Jawab

Semua jenis bisnis memerlukan tim yang solid walaupun berasal dari divisi yang berbeda-beda. Soliditas tim ini dipengaruhi oleh tanggung jawab masing-masing individu di dalamnya untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik sehingga capaian tim secara keseluruhan mengalami progres ke arah yang positif. Dalam konteks lead generation, alokasi tanggung jawab yang jelas antara tim marketing, sales, dan customer service dapat memastikan bahwa setiap lead dikelola dengan baik dari awal hingga akhir proses penjualan.

Ternyata, manfaat service marketing mix ini penting dalam pemasaran dan lead generation. Dengan pemahaman yang baik dan pengaplikasian konsep yang benar, konsep tersebut dapat membawa kemajuan bagi perusahaan dalam jangka panjang, tidak hanya dalam hal pemasaran secara umum tetapi juga dalam menghasilkan dan mengelola leads berkualitas.

Jangan lupa juga bahwa kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan memiliki andil besar dalam keberhasilan kegiatan produksi, pemasaran, dan lead generation. Jadi, pastikan sejak awal rekrutmen karyawan anggota tim dilakukan dengan benar, efektif dan efisien.

Tingkatkan Lead Generation Anda dengan Pipeline CRM

Pipeline CRM Lead Management adalah solusi lengkap untuk mengelola dan mengoptimalkan lead generation. Dengan fitur otomatisasi pemasaran, analitik canggih, dan integrasi mulus dengan CRM lain seperti Salesforce, HubSpot, dan Zoho, Pipeline CRM membantu Anda melacak dan mengelola lead dari awal hingga penutupan penjualan.

Nikmati dashboard intuitif yang menampilkan data real-time, memfasilitasi kolaborasi tim marketing dan penjualan. Otomatisasi pemasaran mendukung email follow-up dan penargetan iklan yang tepat. Analitik yang kuat membantu mengevaluasi kinerja kampanye dan mengidentifikasi area perbaikan.

Pipeline CRM memastikan tidak ada lead yang terlewatkan dan setiap peluang penjualan dimaksimalkan. Tingkatkan konversi dan koordinasi tim dengan Pipeline CRM. Gunakan Pipeline CRM sekarang untuk hasil lead generation yang lebih baik dalam waktu singkat!

Dapatkan demo sekarang!

In God, We Trust.
In Data, We Plan.

We use our data-driven approach to analyze and predict your user’s needs, wants and future behavior. This insight helps us plan and execute personalized marketing strategies for the highest possible ROI for your business.
Free Consultation
PT Pipeline Marketing Teknologi
Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F,
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930
Pipeline adalah agensi digital marketing B2B di Jakarta yang menggunakan lead management dengan memprioritaskan data, teknologi, dan pengukuran dalam setiap aktivitas pemasaran, sehingga perusahaan dapat melakukan perbaikan yang berkelanjutan yang mengarah pada pertumbuhan bisnis yang signifikan.
Copyright © Pipeline 2024. All Rights Reserved.
crossmenuchevron-down